Zika Tidak Darurat, Namun Tetap Jadi Ancaman

Penulis: Christison Sondang Pane | Editor: Eka Azwin Lubis

 Zika Tidak Darurat, Namun Tetap Jadi Ancaman

Papan pengumuman pencegahan virus zika (Reuters)

Sabtu, 19 November 2016 | 19:25

Analisadaily - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan, virus zika tidak lagi merupakan ancaman darurat secara global. Namun mereka tetap menekankan kewaspadaan dalam mengatasi virus yang dikaitkan dengan cacat lahir tersebut.

WHO mengingatkan, hingga kini virus zika sudah banyak menjangkit masyarakat global. Mereka mengatakan hal itu mengingat virus yang ditemukan pertama kali di Brazil ini telah menyebar ke banyak negara.

Kendati demikian, beberapa ahli kesehatan berpendapat, minimnya kekhawatiran terkait darurat zika harus segera dicabut. Menurut mereka, hal ini bisa memperlambat penelitian virus yang terus menginfeksi di Amerika Serikat dan lokasi lainnya.

"Saya pikir keputusan WHO sangat tidak bijaksana. Meskipun penyebaran zika telah berkurang, tetapi potensi penularan epidemi masih mungkin terjadi," kata pakar kesehatan dari dari Georgetown University, Lawrence Gostin.

"Virus ini dapat mengancam generasi kita ke depan," tukas Gostin, dilansir dari Reuters, Sabtu (19/11).

WHO merekomendasikan agar orang yang terkena zika segera mengambil langkah-langkah pencegahan. Termasuk pencegahan untuk melakukan hubungan seksual selama enam bulan.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar