YJI Sumut Peringati Hari Jantung Sedunia

YJI Sumut Peringati Hari Jantung Sedunia

Seminar ‘Berbagi Kekuatan Jantung’ di Rumah Sakit Colombia Asia, Medan, Jumat (29/9)

(aa/csp)

Jumat, 29 September 2017 | 16:20

Analisadaily (Medan) - Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Cabang Utama Sumatera Utara memperingati Hari Jantung Sedunia hari ini, Jumat (29/9). Peringatan dilakukan dengan menggelar seminar ‘Berbagi Kekuatan Jantung’ di Rumah Sakit Colombia Asia, Medan.

Ketua YJI Cabang Utama Sumut, Rita Maharani mengatakan, penyakit kardiovaskular, termasuk penyakit jantung dan stroke merupakan pembunuh nomor satu di dunia.

"Setiap tahun gangguan ini bertanggung jawab terhadap 17.5 juta kematian dini, dan pada tahun 2030 angka ini diprediksi akan meningkat mencapai 23 juta," katanya.

Rita menambahkan, penyakit jantung dapat dicegah dengan pola hidup sehat, seperti mengkonsumsi makanan dan minuman sehat, banyak berolahraga dan berhenti merokok.

Kehidupan masyarakat modern sekarang ini, sebutnya, telah mengubah manusia menjadi kurang bergerak aktif karena banyak dibantu fasilitas canggih, sehingga kinerja motorik otot tubuh berkurang.

"Kebiasaan bangsa kita dari berjalan kaki dan bersepeda diganti menjadi naik kendaraan dan diperparah dengan kebiasaan mengonsumsi makanan instan dan yang tidak seimbang. Lalu tidak diimbangi dengan konsumsi buah dan sayur serta air secukupnya," ucapnya.

(aa/csp)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar