Wow! Ini Manfaat Tersembunyi dari ‘Timun’

Penulis: Kiki Safitri | Editor: James P Pardede

Wow! Ini Manfaat Tersembunyi dari ‘Timun’

Mentimun (Huffingtonpost)

Kamis, 22 Oktober 2015 | 12:31

Analisadaily - Jika Anda ingin lebih sehat dalam melakukan diet, mungkin mentimun adalah pilihan yang cocok. Mentimun yang banyak digunakan dalam diet tradisional serta spa di seluruh dunia untuk alasan bahwa timun baik untuk kesehatan.

Dalam sebuah penelitian timun bermanfaat sebagai antidiabetes, tinggi antioksidan, berperan dalam pembersihan racun dan limbah, serta memiliki efek baik terhadap iritasi kulit, dan juga pencegahan sembelit.

Menurut Huffingtonpost, berikut manfaat timun yang perlu Anda ketahui :

1. Membantu Anda tetap terhidrasi

Mentimun kaya akan 95,2 persen air, yang berarti bahwa 5 ons porsi mentimun mengandung 4,8 ons atau 150 ml air. Jumlah itu sudah termasuk 26 persen asupan air Anda melalui makanan.

2. Mendukung kesehatan jantung

Mentimun mengandung kalium sebanyak 152 gram per cangkir, yang dapat menurunkan tekanan darah.Dengan nilai kalium yang mencukupi, timun dikaitkan dengan tingkat yang lebih rendah dari resiko stroke dan mungkin juga mengurangi risiko penyakit kardiovaskular secara keseluruhan.

Timun juga kaya akan potassium dimana orang dewasa di AS disarankan mengonsumsi potassium 2 persen perhari atau 4.700mg. Mentimun adalah cara mudah untuk mulai meningkatkan konsumsi potasium Anda.

3. Melindungi Otak Anda dari penyakit neurologis

Zat anti inflamasi yang disebut fisetin juga terkandung dalam mentimun, stroberi dan anggur. Fisetin memainkan peran penting dalam kesehatan otak dimana ini memiliki kemamuan untuk mengurangi dampak penyakit saraf yang berhubungan dengan usia pada fungsi otak, juga membantu menjaga fungsi kognitif pada orang dengan penyakit Alzheimer.

4. Melindungi kulit Anda terhadap efek penuaan

Ada alasan mengapa mentimun digunakan dalam perawatan kulit, ini adalah karena timun efektif dan potensial sebagai makanan dengan kandungan anti kerut dan menunda efek penuaan yang umumnya ditemukan pada kosmetik.

5. Melawan peradangan dalam tubuh dan mengurangi risiko kanker

Mentimun dapat membantu menurunkan respon inflamasi dalam tubuh. Timun mengandung polifenol yang disebut lignin, yang berpotensi dapat mengurangi resiko kanker tertentu dan penyakit kardiovaskular.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar