WHO: Wabah Ebola Bisa Dihentikan September 2019

Penulis: Christison Sondang Pane

WHO: Wabah Ebola Bisa Dihentikan September 2019

Lokasi pengobatan Ebola yang diserang kelompok bersenjata di Katwa, Kongo (Africa News)

Jumat, 15 Maret 2019 | 16:48

Analisadaily – Kepala Organisasi Kesehatan Dunia, Tedros Ghebreyesus mengatakan, wabah Ebola di Republik Demokratik Kongo sekarang terkonsentrasi di dua daerah dan bisa dihentikan pada bulan September 2019.

Diyakini wabah Ebola sudah menewaskan 587 orang di wilayah yang dilanda kekerasan dan kemiskinan. Respon internasional yang cepat sejauh ini menghentikan penyebaran penyakit ke negara-negara tetangga.

“Kami telah mencegah wabah yang jauh lebih besar. Taret kami sekarang adalah menyelesaikan masalah ini dalam enam bulan ke depan,” kata Tedros dilansir dari Reuters, Jumat (15/3).

Jumlah kasus baru-baru ini telah berkurang menjadi 25 minggu per pekan sejak Januari 2019, dan sekarang virus ada di Butembo dan Katwa. Namun, proses pengobatan terhambat setelah kelompok bersejata menyerang lokasi pengobatan di Katwa.

Di zona kesehatan di Biena sebelah barat Butembo, polisi juga melepaskan tembakan untuk membubarkan kerusuhan dan menewaskan satu orang dan melukai yang lainnya.

Di samping masalah Ebola, Kongo juga masih dilanda wabah lain, yaitu malaria dan kolera. Ia menilai, ini memerlukan perhatian dunia.

“Saya benar-benar ingin menyerukan kepada masyarakat internasional untuk menghubungkan pengendalian wabah sekarang dengan mengembangkan sistem kesehatan. Itu tantangan besar. Kalau tidak, kita akan muncul seolah-olah kita mencegah Ebola ke negara lain dan kita tidak peduli dengan tuntutan masyarakat,” tambah Tedros.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar