Waspadai 'Red Eye' Saat Anak Difoto

Penulis: Elfa | Editor: Eka Azwin Lubis

Waspadai 'Red Eye' Saat Anak Difoto

Ilustrasi (Fox News)

Senin, 11 Juni 2018 | 12:22

Analisadaily - Sejauh yang kita tahu, Red Eye hanya merupakan masalah pencahayaan pada seseorang ketika difoto. Namun ternyata, Red Eye yang terjadi saat mengambil foto dapat mendeteksi kesehatan, khususnya pada anak.

Red-Eye diketahui bisa mendeteksi penyakit jenis Coats pada anak. Penyakit Coats ditemukan sejak tahun 1908. Ini biasanya mempengaruhi anak-anak di bawah usia 10 tahun.

Penyakit ini mempengaruhi lebih banyak anak laki-laki daripada anak perempuan dan biasanya terjadi hanya pada salah satu mata.

"Penyakit Coats Bilateral sangat langka," kata Dr. Franco Recchia, seorang dokter mata di Tennessee Retina, Amerika Serikat, dilansir dari Fox News, Senin (11/6).

Penyebab penyakit Coats belum diketahui, meskipun diduga ada kaitannya dengan genetik. Anak dengan kondisi tersebut mengalami pembuluh darah di belakang retina tumbuh tidak normal dan rentan terhadap pendarahan.

Seiring waktu hal ini dapat menyebabkan kebutaan. Mirip dengan glaukoma neovascular yang umumnya terjadi pada penderita diabetes. Perawatan untuk penyakit Coats meliputi menghancurkan pembuluh darah abnormal dengan laser atau pembekuan, kemudian mengeluarkan cairan dari belakang mata.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar