Waspadai 7 Penyakit Menular dari Hewan Peliharaan (Part II)

Penulis: Elfa | Editor: Reza Perdana

Waspadai 7 Penyakit Menular dari Hewan Peliharaan (Part II)

Kucing menjadi salah satu hewan yang banyak dipelihara manusia (Cats)

Senin, 31 Juli 2017 | 13:22

Analisadaily - Setiap hari, hewan peliharaan akan membuat pemiliknya tersenyum dan bahagia karena beberapa tingkah hewan peliharaan sangatlah lucu. Hewan peliharaan memang memberikan banyak kesenangan, tapi juga bisa membawa penyakit yang dapat ditularkan.

Berikut beberapa jenis penyakit yang dapat menular dari hewan peliharaan Anda:

1. Lyme

Penyakit Lyme berasal dari kutu yang hidup di hewan peliharaan. Kutu ini sering bersembunyi di balik bulu hewan dalam waktu yang lama. Jika Anda terkena penyakit Lyme, Anda akan mengalami ruam pada kulit, demam, nyeri otot atau sendi.

Untuk melindungi diri, hindari membawa hewan peliharaan ke daerah berumput tebal. Terutama di musim semi dan musim panas. Saat masuk ke dalam rumah, periksa kutu pada diri sendiri dan hewan peliharaan.

2. Cacing

Anda mungkin tidak menyadarinya, tapi cacing dari hewan peliharaan memang ada. Cacing hidup di dalam saluran pencernaan hewan peliharaan sebagai parasit, dan larva bisa hidup melalui kotoran hewan.

Kotoran yang dibuang sembarangan sering kali menjadi alasan mengapa larva dapat menginfeksi manusia. Larva bisa menembus kulit tanpa terdeteksi atau tertelan melalui kontaminasi tangan.

CDC memperkirakan infeksi manusia terhadap cacing hingga ratusan juta di seluruh dunia.

3. Toksoplasmosis

Penyakit ini terjadi ketika orang terinfeksi oleh parasit mikroskopis yang umum ditemukan pada hewan peliharaan, terutama kucing. Penyakit ini bisa menyebabkan flu ringan. Namun, bisa terjadi komplikasi lebih besar jika seorang wanita hamil terinfeksi.

Sebaiknya, Anda membersihkan kotoran kucing setiap hari. Gunakan sarung tangan jika perlu, dan hindari kontak langsung dengan kotoran hewan. Pastikan mencuci tangan dengan seksama setelah melakukan kontak dengan hewan peliharaan.

4. Rabies

Saat membicarakan penyakit menular dari hewan peliharaan, jangan lupakan rabies. Virus ini menginfeksi sistem saraf pusat baik hewan maupun manusia dan pada akhirnya berakibat fatal.

Dilansir dari Fox News, Senin (31/7), untuk mencegah rabies, sebaiknya hewan peliharaan mendapatkan vaksin rabies.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar