Waspadai 7 Penyakit Menular dari Hewan Peliharaan (Part I)

Penulis: Elfa | Editor: Reza Perdana

Waspadai 7 Penyakit Menular dari Hewan Peliharaan (Part I)

Anjing termasuk salah satu hewan peliharaan (Fox News)

Senin, 31 Juli 2017 | 10:37

Analisadaily - Bagi pecinta hewan peliharaan, binatang yang tinggal dengan Anda akan memberikan kebahagiaan tersendiri. Hewan peliharaan bahkan dapat menghindari pemiliknya dari stres.

Di sisi lain, hewan peliharaan masih memiliki dampak negatif kepada pemiliknya. Misalnya saja penyakit menular. Beberapa penyakit yang dapat menular dari hewan peliharaan termasuk:

1. Salmonella

Salmonella biasanya hadir karena mengonsumsi daging yang tidak matang. Faktanya, salmonella dapat ditularkan dari hewan peliharaan, karena salmonella adalah sejenis bakteri yang hidup di saluran cerna.

Hewan dapat tertular salmonella, meski hewan tampak sehat dari bagian luar. Hewan akan terkontaminasi dan membawa bakteri melalui kotoran. Pada akhirnya, salmonella dapat cepat menular setelah kotoran keluar dari tubuh hewan.

Salmonella cepat menginfeksi Anda jika tidak menjaga kebersihan tangan.

2. Jamur kulit

Jamur kulit juga dapat ditularkan dari hewan peliharaan yang tidak dijaga kebersihannya. Jamur kulit akan menimbulkan gatal, merah, atau bersisik pada kulit.

Jika infeksi menyerang kulit kepala, maka rambut atau bulu pada hewan akan rontok. Inilah ciri-ciri hewan terkena jamur kulit. Anda perlu mewaspadainya.

3. Infeksi

Menurut CDC, sekitar 40 persen kucing membawa bakteri yang menyebabkan infeksi. Dilansir dari Fox News, Senin (31/7), manusia bisa tertular melalui gigitan, goresan, atau saat hewan menjilat luka Anda.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar