Waspada! Infeksi Difteri Dapat Menular Melalui Beberapa Cara

Waspada! Infeksi Difteri Dapat Menular Melalui Beberapa Cara

Ilustrasi (Pixabay)

(rel/rzd)

Sabtu, 5 Oktober 2019 | 14:52

Analisadaily (Medan) - Dokter Spesialis Penyakit Dalam, dr Restuti Hidayani Saragih, SpPD mengatakan, infeksi difteri dapat menular melalui beberapa hal, salah satu penularan infeksi difteri dapat melalui percikan ludah, yaitu saat bersin tidak mengenakan masker.

Tidak hanya itu, infeksi difteri juga dapat menular ketika penderita batuk dan tidak menutup dengan tisu, maka bisa mengenai wajah orang yang ada di depannya.

“Jika yang bersin atau batuk penderita difteri, dan kita terkena kemungkina bisa tertular, sehingga perlindungan yang harus dipakai saat berkontak dengan pasien difteri adalah masker bedah atau masker biasa,” katanya, Sabtu (5/10).

Penularan lainnya bisa dengan kontak erat, yaitu semua orang yang melakukan interaksi dengan penderita difteri atau suspect difteri. Kontak erat akan didata oleh dinas kesehatan, kemudian di-follow up dan dikasih pencegahan.

“Misalnya dengan memberikan obat antibiotik selama tujuh hari dan kemudian diberi vaksinasi serta akan diperiksa pusat tenggorokannya,” ucap dr Restuti.

Hal tersebut dilakukan untuk melihat, jika kontak erat terkena atau tertular difteri tersebut. Jika kontak erat bergejala difteri, maka dokter ahli akan menentukan apakah secara klinis difteri atau bukan.

Untuk kontak erat, biasanya orang yang tidak bergejala difteri namun berpotensi menularkan dan untuk mewaspadai hal tersebut maka harus dilakukan pencegahan dengan melakukan beberapa pemeriksaan.

“Penularan lainnya melalui kulit yang terbuka. Biasanya ini jarang terjadi. Manusia hampir sebagian besar melalui saluran pernafasan, seperti itu,” tandasnya.

(rel/rzd)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar