Warna Urine Menandakan Kesehatan Anda

Penulis: Aldi Aulia Anwar | Editor: Reza Perdana

Warna Urine Menandakan Kesehatan Anda

Ilustrasi (Berbagai Sumber)

Selasa, 24 Februari 2015 | 18:46

Analisadaily - Apakah Anda pernah memeriksa warna urine Anda? Jika Anda sering melakukannya, mungkin Anda orang yang cerdas. Karena, warna urine bisa memberikan petunjuk penting tentang keadaan kesehatan Anda serta dapat membantu tenaga medis untuk membantu memeriksa kesehatan ketika berobat.

Para ahli menyarankan mengkonsumsi 8 gelas air putih sehari dapat mencegah infeksi saluran kemih atau masalah kesehatan lainnya serta membantu proses kerja ginjal di dalam tubuh Anda.

BACA JUGA : Polisi: Hasil Urine dan Darah Christopher Negatif Narkoba

Dilansir dari Times of India, The Cleveland Cinicl, Ohio, Amerika Serikat, menyebutkan bahwa tanda-tanda warna urine dapat dilihat dari beberapa warna berikut:

1. Jernih atau bening

Jika air seni Anda jernih merupakan tanda bahwa Anda telah minum terlalu banyak air. Terlalu banyak minum air juga dapat beresiko menipiskan kadar garam dalam tubuh, namun kelebihan minum air jarang menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

2. Kuning

Warna kuning pada urine menunjukkan bahwa tubuh Anda sudah cukup cairan, tetapi warna yang lebih gelap bisa menjadi tanda jika tubuh Anda sedang memerlukan cairan.

3. Cokelat 

Warna cokelat pada urine bisa menjadi tanda bahwa tubuh Anda hanya mengalami dehidrasi, karena urine berwarna cokelat juga bisa menjadi indikasi dari masalah di hati. Jika warna kecokelatan urine Anda sudah terlihat mengkhawatirkan, berkonsultasilah dengan dokter untuk mendapatkan diagnosa yang jelas.

4. Merah muda atau kemerahan

Warna merah pada air seni bisa menjadi pertanda masalah kesehatan yang besar. Dalam urologi, peringatan yang paling menonjol adalah warna merah yang bisa berasal dari makanan yang Anda makan dan zat-zat lain. 

Jika Anda melihat merah muda atau merah pada urine, disarankan Anda langsung konsultasi ke dokter. Ada banyak indikasi ringan maupun membahayakan seperti batu ginjal atau infeksi kandung kemih, bahkan kanker ginjal dan prostat.

5. Biru atau hijau

Bagi kebanyakan orang, melihat warna urine yang biru atau hijau bisa sangat mengejutkan, karena warna urine seperti ini sangat langka. Sementara itu, beberapa penyakit yang jarang diketahui termasuk porfiria (kondisi enzim keturunan) bisa mengakibatkan seseorang mengeluarkan urine berwarna biru atau hijau.

Perubahan warna urine tersebut tidak akan menjadi tanda pertama dari penyakit pada beberapa orang. Terkadang, orang bisa buang air kecil dengan warna aneh setelah makan makanan tertentu. Hal ini tergantung seberapa baik zat pewarna yang diserap oleh usus.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar