Wanita Hamil Jangan Terlalu Sering Gunakan Antibiotik! Mengapa…

Penulis: Reza Perdana

Wanita Hamil Jangan Terlalu Sering Gunakan Antibiotik! Mengapa…

Ilustrasi (Boldsky)

Minggu, 23 Juli 2017 | 16:54

Analisadaily - Bagi Anda wanita yang sedang dalam kondisi mengandung, ada baiknya untuk tidak terlalu sering menggunakan antibiotik. Hasil penelitian terbaru mengklaim, terlalu sering menggunakan antibiotik saat hamil dapat meningkatkan risiko penyakit radang usus pada anak-anak di kemudian hari.

Dilansir dari Boldsky, Minggu (23/7), para peneliti bereksperimen dengan tikus untuk menemukan fakta tersebut. Ditemukan bahwa, penggunaan antibiotik yang berlebihan selama kehamilan dan juga selama tahap menyusui tidak baik untuk bayi.

Meski demikian, ada baiknya Anda yang sedang dalam kondisi hamil untuk mengonsultasikan dengan dokter jika penggunaan antibiotik tidak bisa dihindari selama periode tersebut.

Berikut adalah beberapa fakta yang ditemukan peneliti:

Risiko

Masalah dengan antibiotik dapat menyebabkan perubahan tertentu pada tingkat mikroba usus, dan ini dapat mengganggu keseimbangan.

Kondisi Radang Usus

Perubahan seperti itu pada tubuh ibu juga dapat mempengaruhi bayi, dan ini mungkin meningkatkan risiko kondisi usus inflamasi pada anak.

Penggunaan Ceroboh

Waktu penggunaan antibiotik sangat penting selama kehamilan, dan karena itulah penggunaan ceroboh sama sekali tidak dianjurkan.

Antibiotik

Antibiotik dapat menghambat pertumbuhan bakteri menguntungkan pada bayi, dan ini dapat menyebabkan perubahan pada sistem kekebalan tubuh.

Kesimpulan

Apakah itu berarti penggunaan antibiotik harus benar-benar berhenti selama kehamilan atau tahap menyusui? Tidak, peneliti mengatakan penggunaan moderasi dan hati-hati penting dalam kondisi yang tak terelakkan.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar