Wanita Berisiko Stroke Menjelang Menopause

Penulis: Elfa | Editor: Ria Situmorang

Wanita Berisiko Stroke Menjelang Menopause

Ilustrasi (Fox News)

Kamis, 4 Agustus 2016 | 10:06

Analisadaily - Wanita lebih berisiko lebih besar terkena stroke, penyakit jantung dan diabetes selama masa menjelang menopause. Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Heart Association menjelaskan, risiko ini disebabkan karena sindrom yang disebut metabolik yang cenderung meningkat di tahun-tahun sebelum menopause.

Indikator sindrom metabolik termasuk tingkat darah tinggi lemak, kolesterol HDL, tekanan darah tinggi, dan gula darah tinggi. Timbulnya sindrom metabolik dipengaruhi karena ras juga. Dibandingkan dengan wanita kulit putih, wanita Afrika mengalami peningkatan lebih tinggi.

"Penelitian sebelumnya menunjukkan, setelah menopause wanita berisiko lebih besar untuk sindrom metabolik dibandingkan sebelum menopause dimulai. Penelitian terbaru menunjukkan hal yang berbeda," kata peneliti,  Dr. Mark DeBoer, seorang profesor endokrinologi pediatrik di University of Virginia.

"Kita semua harus makan lebih baik dan memastikan mendapatkan olahraga cukup. Tahun transisi menopause menjadi waktu dimana wanita belajar atas perubahan dirinya," kata DeBoer, speerti laporan dari Fox News, Kamis (4/8).

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar