Wadah Plastik Timbulkan Risiko Penyakit Bagi Anak

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Reza Perdana

Wadah Plastik Timbulkan Risiko Penyakit Bagi Anak

Wadah Plastik (Fox News)

Selasa, 7 Agustus 2018 | 14:35

Analisadaily - Pihak kesehatan meminta orangtua lebih berhati-hati menggunakan wadah plastik pada anak mereka. American Academy of Pediatrics (AAP) memperingatkan agar tidak menggunakan wadah plastik untuk menyimpan makanan.

Khusunya menggunakan plastik saat memanaskan makanan anak di microwave. Cara ini dapat menimbulkan risiko kesehatan. Biasanya, wadah plastik harus bebas BPA.

Zat kimia dapat berubah menjadi seperti estrogen dalam tubuh dan berpotensi mengubah waktu pubertas, mengurangi kesuburan, meningkatkan lemak tubuh, dan mempengaruhi sistem saraf, hingga mengurangi fungsi kekebalan tubuh.

"Selain itu, bahan phthalates, yang membuat plastik lebih fleksibel, dapat mempengaruhi perkembangan kelamin laki-laki, meningkatkan obesitas pada masa kanak-kanak, dan berkontribusi terhadap penyakit kardiovaskular," kata perwakilan AAP.

Dokter juga memperingatkan untuk tidak mencuci wadah atau cangkir plastik di mesin pencuci piring.

Dilansir dari Fox News, Selasa (7/8), meskipun penting untuk diperhatikan tentang beberapa wadah plastik yang diberi label "microwave-safe", barang-barang ini juga dapat menimbulkan risiko kesehatan ketika sudah berubah warna.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar