Wabah 'Zombie' Serang Kota New York

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Eka Azwin Lubis

Wabah 'Zombie' Serang Kota New York

Ilustrasi (Fox News)

Sabtu, 17 Desember 2016 | 09:40

Analisadaily - Jenis obat-obatan terlarang AK-47 24 Karat Gold sedang beredar luas di New York, Amerika Serikat.

Obat-obatan ini membuat Kota New York seakan diserang oleh para zombie. Sebab, dampak dari obat tersebut membuat penggunanya memiliki tatapan kosong dan respon lambat. Di dalam obat AK-47 24 Karat Gold terdapat senyawa Amb-Fubinaca.

Departemen kesehatan setempat masih melakukan penelitian terhadap obat yang juga disebut dengan ganja sintetis ini. Biasanya, senyawa ganja sintetis yang ditemukan dalam mass intoxications memiliki efek yang lebih buruk pada kesehatan.

Beberapa efek buruk yang bisa terjadi antara lain kejang dan kerusakan ginjal. Namun dalam kasus ini, satu-satunya efek yang diamati adalah gejala depresi atau tindak-tanduknya mirip seperti zombie.

"Sepertinya efek yang kami lihat pada pasien menunjukkan ganja sintetis ini sangat kuat," kata Roy Gerona, seorang ahli kimia di University of California, San Francisco.

Namun para peneliti tidak tahu apakah kondisi itu dikarenakan senyawa secara intrinsik kuat atau karena ada misdosing di dalam obat yang dijual secara komersial.

Misdosing merupakan pemberian bahan kimia berlebih pada tanaman ganja. Ganja sintetis dibuat dengan penyemprotan berbagai macam bahan kimia ke bahan tanaman.

"Jauh lebih sulit menguji ganja sintetis karena ada begitu banyak bentuk obat. Ada ribuan obat yang dikembangkan," tambah Gerona, dilansir dari FoxNews, Sabtu (17/12).

Dari hasil penelitian, metabolit dari Amb-Fubinaca atau senyawa yang terbentuk ketika tubuh dirusak obat merupakan suatu senyawa bernama prophetic.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar