Vitamin B12 Bisa Hilangkan Jerawat ?

Penulis: Kiki Safitri | Editor: Lely Novita

Vitamin B12 Bisa Hilangkan Jerawat ?

Ilustrasi (FoxNews)

Sabtu, 27 Juni 2015 | 20:47

Analisadaily - Sebuah studi baru dari University of California, Los Angeles (UCLA), menemukan bahwa vitamin B12 dapat mengubah bakteri wajah pada beberapa orang dengan kulit yang sehat. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang erat antara vitamin B12 dan jerawat.

Dilansir Fox News, para peneliti menemukan bahwa jalur sintesis B12 Propionibacterium acnes (P.acne) pada pasien dengan jerawat, komposisinya cukup rendah dibandingkan dengan orang yang sehat. Banyak bakteri dapat mensintesis B12, itu sebabnya mengapa tubuh perlu melakukan aktivitas metabolik.

Tubuh membutuhkan B12 untuk pembentukan sel darah merah yang tepat, seperti fungsi neurologis dan sintesis DNA, seperti yang dikatakan pada jurnal National Institutes of Health (NIH).

Para peneliti juga mengamati bahwa jalur lain, biosintesis porfirin, terkait dengan jalur biosintesis B12. Mereka berhipotesis bahwa ketika tubuh memiliki tingkat vitamin B12 tinggi, hal tersebut menunjukkan bahwa tubuh kelebihan porfirin dengan P.acnes. Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa porfirin dapat menginduksi peradangan dan jerawat.

"Peradangan adalah salah satu faktor jerawat. Ada non-inflamasi, untuk bentuk jerawat yang biasanya ringan. Untuk tingkat jerawat parah biasanya melibatkan banyak peradangan pada sel-sel kulit," kata penulis studi Huiying Li, asisten profesor farmakologi molekuler dan medis di David Geffen School of Medicine di UCLA.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar