Ventilasi Bisa Tingkatkan Kualitas Tidur

Penulis: Elfa | Editor: Reza Perdana

Ventilasi Bisa Tingkatkan Kualitas Tidur

Ilustrasi (Huffington Post)

Senin, 4 Desember 2017 | 13:32

Analisadaily - Orang-orang mencoba segalanya untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik. Mulai dari aplikasi meditasi, tirai hitam dan mesin white noise untuk tidur lebih nyenyak. Bagaimana jika yang Anda butuhkan hanyalah ventilasi?

Penelitian baru di Belanda menyebut, Anda tidak perlu membeli apapun untuk tidur lebih baik, karena ventilasi kamar lebih berpengaruh terhadap kualitas tidur. Ventilasi dinilai membawa jumlah karbondioksida lebih rendah.

"Tingkat CO2 yang lebih rendah di kamar tidur menyiratkan kualitas tidur lebih baik, efisiensi tidur, dan jumlah terbangun yang lebih sedikit," tulis para peneliti.

Tidur nyenyak dan CO2 yang kita keluarkan ada kaitannya. Gangguan tidur seperti apnea tidur dan sindrom hipoventilasi obesitas menyebabkan penumpukan karbon dioksida yang berbahaya dalam darah.

Akumulasi itu bisa membuat seseorang bangun terengah-engah. Meski begitu, udara yang masuk ke kamar juga harus terjaga kebersihannya.

"Tidak semua kamar tidur sama. Kualitas tidur kita dipengaruhi oleh sifat fisik lingkungan di malam hari," kata Dr. Steven Feinsilver, seperti dilansir dari Huffington Post, Senin (4/12).

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar