Vaksinasi HPV Mampu Turunkan Jumlah Penderita Kanker Serviks

Penulis: Kiki Safitri | Editor: Eka Azwin Lubis

Vaksinasi HPV Mampu Turunkan Jumlah Penderita Kanker Serviks

HPV (Bilimfili)

Selasa, 23 Februari 2016 | 09:52

Analisadaily - Vaksin untuk mencegah Virus Papiloma Manusia (HPV), secara drastis bisa mengurangi jumlah perempuan muda yang tertular virus penyebab kanker serviks.

Sejak vaksin HPV diperkenalkan satu dekade lalu, virus papiloma manusia mengalami penurunan hingga 34% bagi kaum perempuan berusia 20-an dan 64% bagi perempuan di akhir usia remaja.

Vaksin bernama Gardasil, secara khusus direkayasa untuk mencegah kanker serviks. Ini merupakan target utama guna melindungi perempuan terhadap kanker anal dan genital warts terhadap perempuan dan laki-laki.

"Kami melihat persis perubahan yang terjadi. Dampak pertama akan terlihat pada kelompok usia termuda, dan kemudian dengan bertambahnya usia mereka ke dalam kelompok usia yang lebih tua," kata seorang pakar kesehatan, Lauri Markowitz, seperti dilansir dari FoxNews, Selasa (23/2).

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS, sekitar 80 juta warga mereka terinfeksi HPV, dan sekitar 14 juta orang termasuk remaja, terjangkit virus tersebut setiap tahun.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar