Vaksin Rabies Gagal Selamatkan Nyawa Seorang Anak

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Reza Perdana

Vaksin Rabies Gagal Selamatkan Nyawa Seorang Anak

(Fox News)

Kamis, 29 Januari 2015 | 13:45

Analisadaily - Seorang anak berusia enam tahun asal Tunisia, gagal diselamatkan dari virus rabies. Pasalnya, vaksin yang diberikan kepada si anak tidak bereaksi terhadap virus mematikan tersebut, meski dokter telah merawatnya tak lama setelah dia mendapatkan gigitan dari seekor anjing di bagian wajah.

BACA JUGA : Penggunaan E-Rokok Masih Dikhawatirkan

"Ini sangat langka, sangat jarang terjadi, vaksin rabies yang kebanyakan digunakan pihak kedokteran mengalami kegagalan," kata salah satu anggota Infectious Diseases Society di Amerika, sekaligus dokter di Universitas Pittsburgh Medical Center, Dr. Amesh Adalja.

Menurut laporan Fox News, setelah digigit anjing, dokter segera membersihkan dan merawat luka anak tersebut. Mereka juga memberikan antibodi yang dapat melawan virus rabies bernama imunoglobulin rabies. Antibodi ini digunakan pada bagian tubuh yang luka secara langsung agar dialirkan ke seluruh darah.

Tapi, 17 hari setelah gigitan anjing, si anak kembali datang ke rumah sakit dengan kondisi demam, muntah, mata merah dan tanda-tanda masalah neurologis lainnya. Dia meninggal setelah mengalami kejang-kejang dan serangan jantung.

"Dari 15 juta kasus rabies, hanya ada 47 orang yang mengalami kegagalan hingga saat ini," kata kepala Public Health Ontario, Dr Natasha Crowcroft.

Tags :

#Vaksin #rabies

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar