Vaksin Kanker Bisa Lawan Tumor?

Penulis: Elfa | Editor: Christison Sondang Pane

Vaksin Kanker Bisa Lawan Tumor?

Ilustrasi (Fox News)

Selasa, 11 Juli 2017 | 13:50

Analisadaily - Dalam dua penelitian, peneliti menggunakan vaksin kanker untuk mengobati pasien yang menderita tumor. Hasilnya, pertumbuhan tumor semakin lambat pada lebih dari separuh pasien yang terlibat penelitian.

Peneliti juga memberikan vaksin pada penderita tumor otak yang disebut glioblastoma, ginjal, sel darah dan ovarium.

Dr. Catherine Wu, seorang ilmuwan dokter di Dana-Farber Cancer Institute di Boston, sekaligus pemimpin penelitian mengklaim pendekatan ini dapat dikembangkan di masa mendatang.

Dalam penelitian lain, Dr. Ugur Sahin di University Medical Center Universitas Johannes Gutenberg dan Biofarmasi New Technologies Corporation, dan rekan-rekannya menganalisis tumor pada 13 pasien.

Sahin menemukan, vaksin mampu meningkatkan respons kekebalan pada semua pasien. Delapan dari 13 pasien tetap bebas dari tumor setelah 23 bulan menjalani perawatan menggunakan vaksin.

Kedua penelitian tersebut adalah percobaan klinis fase I, yang berarti dilakukan dengan jumlah kecil pasien untuk menguji keamanan pengobatan.

“Ini adalah penelitian skala kecil yang perlu dikonfirmasi dengan jumlah pasien yang lebih banyak. Penelitian lanjut sangat dibutuhkan," kata Sahin, seperti laporan dari Fox News, Selasa (11/7).

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar