Vaksin HPV Tidak Berbahaya untuk Wanita Hamil

Penulis: Elfa | Editor: Reza Perdana

Vaksin HPV Tidak Berbahaya untuk Wanita Hamil

Ilustrasi (Fox News)

Jumat, 31 Maret 2017 | 14:17

Analisadaily - Bukti baru dari sebuah penelitian berskala nasional di Denmark menunjukkan, vaksin Human Papillomavirus Vaccine (HPV) tidak berbahaya untuk dikonsumsi wanita di awal kehamilannya.

Di antara 1.665 wanita yang diberikan vaksi, dilaporkan tidak mengalami peningkatan risiko cacat lahir. Vaksin juga tidak menyebabkan keguguran, kelahiran prematur, berat kelahiran rendah atau kematian mendadak pada bayi.

"Sebelum penelitian, sangat sedikit informasi yang diketahui masyarakat tentang keamanan vaksinasi HPV selama kehamilan," kata peneliti Dr. Anders Hviid, seperti dilansir dari Fox News, Jumat (31/3).

Meski begitu, Hviid, seorang peneliti senior di departemen penelitian epidemiologi, di Institut Serum Statens di Kopenhagen, vaksin tidak harus diberikan dengan sengaja pada masa kehamilan yang lebih lama.

"Penelitian ini tidak mencakup semua basis. Sejauh mereka dapat mengukur vaksin, ini tidak berbahaya. Wanita hamil tetap harus mengantisipasi," kata Dr Robert Burk dari Albert Einstein College of Medicine di New York.

Lebih dari 72 juta wanita dan anak perempuan di seluruh dunia telah menerima vaksin HPV untuk melindungi mereka terhadap serviks dan kanker lainnya. Vaksin ini dianjurkan untuk wanita berusia 9 sampai 26 tahun, tetapi tidak selama kehamilan.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar