Vaksin HIV Diuji Coba ke Manusia

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Christison Sondang Pane

Vaksin HIV Diuji Coba ke Manusia

Ilustrasi (BBC)

Rabu, 11 Juli 2018 | 12:53

Analisadaily - Vaksin HIV yang sedang dikembangkan memiliki potensi yang semakin baik di masa mendatang. Sebab, vaksin HIV untuk pertama kalinya sudah diuji coba ke manusia dan hasilnya menjanjikan.

Vaksin yang bertujuan untuk memberikan kekebalan terhadap berbagai strain virus HIV menghasilkan respon sistem kekebalan kepada 393 orang. Sebelumnya, vaksin ini telah diuji coba kepada kera dan berhasil.

Sekitar 37 juta orang di seluruh dunia hidup dengan HIV atau AIDS, dan ada sekitar 1,8 juta kasus baru setiap tahun. Menemukan vaksin HIV terbukti menjadi tantangan besar bagi para ilmuwan.

Harapannya, vaksin ini menawarkan perlindungan yang jauh lebih baik terhadap jumlah strain HIV yang tidak terbatas di seluruh dunia.

Para ilmuwan juga melakukan studi parallel, dimana mereka memberi kera rhesus vaksin untuk melindunginya dari virus immunodeficiency - virus yang mirip dengan HIV yang menginfeksi monyet.

Kombinasi vaksin mosaik yang paling menjanjikan pada manusia ditemukan mampu melindungi 67% .

"Hasil ini merupakan tonggak penting," kata Dan Barouch, profesor kedokteran di Harvard Medical School dilansir dari Fox News, Rabu (11/7).

"Tantangan dalam pengembangan vaksin HIV belum pernah terjadi sebelumnya, dan kemampuan untuk menginduksi tanggapan kekebalan khusus HIV tidak selalu menunjukkan vaksin akan melindungi manusia dari infeksi HIV selama ini," tambahnya.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar