Vaksin Hadir Dalam Bentuk Pil

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Eka Azwin Lubis

Vaksin Hadir Dalam Bentuk Pil

Ilustrasi (BBC)

Senin, 19 Maret 2018 | 13:48

Analisadaily - Ilmuwan Inggris menciptakan bentuk vaksin baru dalam bentuk pil. Vaksin berbentuk pil itu merupakan penangkal flu.

Vaksin pil membantu masyarakat lebih mudah dalam menjaga daya tahan tubuh. Sebab, vaksin tersebut tidak harus disimpan di dalam lemari es agar tetap stabil, seperti vaksin cair pada umumnya. Namun vaksin pil sejauh ini belum diuji ke manusia.

Vaksin biologis tradisional bekerja dengan mengenalkan virus atau bakteri yang aman atau bagian yang tidak berbahaya, seperti peptida untuk memancing tanggapan kekebalan tubuh.

Vaksin cair sejauh ini sulit untuk disebar ke negara-negara tertinggal karena tidak memiliki pasokan listrik yang baik untuk menempatkan vaksin dalam lemari es.

"Ada banyak manfaat untuk vaksin pil. Tidak hanya akan menjadi berita bagus bagi orang-orang yang memiliki ketakutan akan jarum suntik, tapi mereka juga bisa lebih mudah menyimpan dan menyebarkannya. Sehingga jauh lebih sesuai untuk digunakan di lokasi terpencil," kata Prof Andrew Sewell dari Cardiff University, dilansir dari BBC, Senin (19/3).

Para ilmuwan mengakui masih dibutuhkan lebih banyak penelitian untuk mengembangkan vaksinasi pil jenis penyakit lainnya. Kemungkinan masih membutuhkan waktu beberapa tahun ke depan.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar