Urbanisasi Salah Satu Penyebab Penyakit Tuberculosis

Urbanisasi Salah Satu Penyebab Penyakit Tuberculosis

Koordinator TB-HIV Care Aisyiyah Sumut, Ridha Yuanita Sutomo.

(jw/rzd)

Jumat, 15 Desember 2017 | 19:19

Analisadaily (Medan) - Pimpinan Wilayah (PW) Aisyah Sumatera Utara mencatat, sekitar 1.000 orang di Kota Medan terduga (suspect) penyakit Tuberculosis dalam kurun waktu sebulan. Hal ini diungkapkan, Koordinator TB-HIV Care Aisyah Sumut, Rida.

"Penemuan rata-rata untuk Kota Medan dalam sebulan itu bisa 1.000 orang suspect Tuberculosis dengan penderita hampir 150-200 jiwa tiap bulan kita temukan di Medan," kata Rida, Jumat (15/12).

Dijelaskan, data tersebut dilihat dari mobilitas banyaknya penduduk yang melakukan urbanisasi ke Kota Medan. "Selain di Medan, penemuan paling besar dari daerah lain seperti Deli Serdang, Labuhanbatu, Langkat, Karo dan Simalungun. Medan paling besar," jelasnya.

Rida mengungkapkan, dari 2011 sampai sekarang data suspect yang diperoleh pihaknya mencapai 47.296. Adapun suspect memiliki ciri-ciri batuk, demam dan badan kurus.

"Pasien yang sudah kita temukan dalam 6 tahun ini sekitar 7.600 jiwa, yang sembuh sekitar 3.078 orang. Sisanya dalam proses pengobatan, ada juga yang meninggal 35 orang," ungkapnya.

Dalam mengantisipasi banyaknya suspect Tuberculosis, pihak PW Aisyah Sumut berharap bantuan dan peran pemerintah, sehingga tidak menyampingkan persoalan ini.

"Kami tidak bisa bekerja sendiri. Ketika orang yang suspect Tuberculosis di satu daerah, peran jajaran pemerintah mulai dari kepala lingkungan juga harus turut serta. Membawa terduga ke layanan Puskesmas," tambah Rida.

(jw/rzd)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar