Universitas di Inggris Deteksi Kesehatan Mental Lewat Media Sosial

Penulis: Christison Sondang Pane

Universitas di Inggris Deteksi Kesehatan Mental Lewat Media Sosial

Ilustrasi (Ubergizmo)

Jumat, 7 Juni 2019 | 12:59

Analisadaily –  Di masa lalu, hal-hal yang di posting dan dibagikan di platform media sosial dapat menjadi tanda kesehatan mental. Posting-an tertentu sebenarnya bisa menjadi tanda, bahwa orang mengalami depresi dan mungkin memiliki pikiran untuk bunuh diri.

Dalam upaya untuk membantu mencegah bunuh diri, Universitas Northumbria di Inggris mengumumkan sebuah inisiatif yang akan mempelajari akun media sosial para siswanya untuk mencari tanda-tanda itu.

Dijuluki Alat Peringatan Dini, ini adalah alat yang akan menyisir profil media sosial siswa universitas dan ketika itu mengidentifikasi seorang siswa mengalami krisis, maka akan memberikan siswa bantuan yang mungkin dibutuhkan.

Menurut Chief Executive of the Office for Students, Nicola Dandridge mengatakan, mengambil tindakan pencegahan untuk meningkatkan kesehatan mental yang baik adalah penting, seperti halnya mengambil pendekatan institusi secara keseluruhan dan melibatkan siswa dalam mengembangkan solusi.

“Selain itu, semakin dini kita dapat mengidentifikasi masalah yang berkembang, semakin efektif kita dapat memberikan dukungan vital yang diperlukan,” ucap Nicola Dandridge dilansir dari Ubergizmo, Jumat (7/6).

Universitas tidak akan jadi yang pertama memanfaatkan teknologi untuk membantu mengidentifikasi siswa yang mengalami krisis kesehatan mental.

Beberapa tahun lalu, Facebook mengumumkan, akan meluncurkan alat AI mendeteksi orang-orang di ambang bunuh diri dan membantu melaporkannya untuk mencegah.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar