Ungkapan ‘Gemuk Tapi Sehat’ Adalah Mitos

Penulis: Elfa | Editor: Reza Perdana

Ungkapan ‘Gemuk Tapi Sehat’ Adalah Mitos

Ilustrasi (BBC)

Kamis, 18 Mei 2017 | 13:56

Analisadaily - Gagasan orang gemuk tapi sehat dinyatakan sebuah mitos oleh para peneliti yang ada di Kongres Eropa belum lama ini. Istilah ‘gemuk tapi sehat’ mengacu pada teori dimana faktor metabolik, seperti tekanan darah dan gula darah berada dalam batas wajar.

Dalam penelitian ini, para periset di University of Birmingham menganalisis data jutaan pasien di Inggris antara tahun 1995 dan 2015. Sayangnya, data menunjukkan hal berbeda. Berat badan berlebih tetap memiliki tingkat risiko lebih tinggi.

Mereka dengan berat badan berlebih bisa saja tidak terdeteksi kolesterol, jantung dan lain sebagainya saat ini. Namun kita berbicara di kemudian hari. Dimana risiko terkena penyakit jantung, tekanan darah tinggi, kolesterol atau diabetes lebih tinggi.

Dr. Mike Knapton, dari British Heart Foundation mengatakan, temuan ini harus dikembangkan dengan sangat serius dan berharap para profesional kesehatan memperhatikannya.

"Sebelumnya kami biasa berpikir, kelebihan berat badan tidak selalu menyebabkan peningkatan serangan jantung dan stroke karena menaikkan tekanan darah atau kolesterol," kata Knapton, seperti dilansir dari BBC, Kamis (18/5).

"Tapi, penelitian ini belum dimuat dalam jurnal ilmiah. Karena itu, tidak akan ada sejumlah pemeriksaan oleh akademisi lain untuk menilai secara ilmiah," tambahnya.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar