Uji Coba Pencegahan HIV di Kalangan Remaja Sukses

Penulis: Elfa | Editor: Christison Sondang Pane

Uji Coba Pencegahan HIV di Kalangan Remaja Sukses

Cincin Leher Rahim (BBC)

Rabu, 26 Juli 2017 | 10:01

Analisadaily - Seperlima wanita dan anak perempuan berusia 15-24 tahun terinfeksi HIV di seluruh dunia. Hampir 1.000 orang terinfeksi setiap hari di sub-Sahara Afrika.

Infus mikrobisida yang digunakan pada cincin leher rahim telah terbukti mengurangi infeksi hingga 56%.

Uji coba cincin leher rahim sendiri telah terlaksana dengan sukses di kalangan remaja Amerika Serikat. Alat ini melindungi wanita secara langsung saat pria tidak ingin menggunakan kondom saat berhubungan seksual.

Dr Anthony Fauci, direktur Institut Alergi dan Penyakit Menular di AS, mengatakan, cincin leher rahim memberikan kesempatan pada wanita untuk melindungi dirinya.

“Jika Anda dapat memberi wanita kesempatan untuk melindungi diri mereka dengan cara yang benar, itu adalah langkah yang baik dalam membantu mereka. Wanita sangat rentan terkena HIV,” kata Dr. Fauci, seperti laporan dari BBC, Rabu (26/7).

Cincin leher rahim diciptakan lebih fleksibel. Mirip dengan diafragma kontrasepsi. Cincin akan melepaskan obat antiretroviral yang disebut dapivirine selama sebulan saat digunakan.

Dari hasil penelitian, diperoleh data, 87% anak perempuan dapat langsung mendeteksi HIV, 95% mengatakan cincin leher rahim itu mudah digunakan, dan 74% mengatakan mereka tidak memperhatikan cincin leher rahim dalam kehidupan sehari-hari. Sekarang, ada rencana untuk menguji cincin tersebut dengan remaja di Afrika.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar