Uji Coba Gel Kontrasepsi Pria Berhasil

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Reza Perdana

Uji Coba Gel Kontrasepsi Pria Berhasil

Ilustrasi (BBC)

Minggu, 12 Februari 2017 | 14:17

Analisadaily - Cara baru untuk kontrasepsi pada pria berbentuk gel, yang berfungsi menghalangi aliran sperma berhasil diuji coba pada monyet. Vasalgel menjadi gel yang dapat menghentikan sperma mengalir ke penis.

Jika penemu mendapatkan dana dan berjalan dengan baik, gel akan segera diteliti pada manusia dalam beberapa tahun mendatang.

Saat ini, pria masih memiliki dua pilihan utama kontrasepsi, memakai kondom atau melakukan operasi sterilisasi (vasektomi) untuk memotong atau menutup dua tabung yang membawa sperma ke penis.

Dilansir dari BBC, Minggu (12/2), tanpa operasi, Vasalgel memberikan efek yang sama dengan vasektomi.

Kelebihannya lagi, pria masih tetap bisa memiliki anak saat mereka tidak menggunakan gel. Tidak seperti operasi vasektomi yang selamanya si pria tidak akan memiliki keturunan lagi.

Penelitian dan uji coba sejauh ini dilakukan oleh University of California yang menggunakan 16 monyet jantan dewasa. 10 diantaranya sudah memiliki anak.

Monyet dipantau selama seminggu setelah mendapatkan suntikan dan kemudian dilepaskan kembali ke kandang untuk bergabung ke beberapa betina. Perkawinan memang terjadi, tapi tidak ada monyet betina hamil selama penggunaan gel.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar