Transplantasi Tinja Efektif Bantu Anak Autis

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Eka Azwin Lubis

Transplantasi Tinja Efektif Bantu Anak Autis

Ilustrasi (Fox News)

Kamis, 26 Januari 2017 | 11:36

Analisadaily - Sebuah penelitian kecil mengklaim anak-anak penderita autisme bisa mengambil manfaat dari transplantasi tinja.

Sebab, transplantasi melibatkan mikroba di dalam tinja dan kemudian disumbangkan ke orang-orang yang mengalami penyakit gastrointestinal untuk menyeimbangkan masalah usus.

Ilmuwan dari Ohio State University, Northern Arizona University dan Arizona State University menemukan paralel antara gejala dan perilaku autisme dengan gangguan pencernaan. Selain itu, transplantasi tinja juga bisa membantu orang-orang yang bermasalah pada pencernaan.

"Transplantasi bekerja untuk orang dengan masalah pencernaan serta bagi anak autis dan gejala gastrointestinal," kata peneliti dari Ohio State University, Ann Gregory, dilansir dari Fox News, Kamis (26/1).

Anak-anak autis biasanya memiliki lebih sedikit jenis bakteri penting di dalam ususnya. Tim peneliti menduga, perbedaan ini disebabkan antibiotik yang diberikan selama tiga tahun pertama pasca kelahiran.

"Kami harus berhati-hati dengan efek placebo. Kami harus melanjutkan penelitian lebih lanjut. Namun, ini awal yang baik untuk mengetahui masalah lebih lanjut," tukasnya.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar