Transplantasi Telinga Tengah Sembuhkan Tunarungu

Penulis: Christison Sondang Pane

Transplantasi Telinga Tengah Sembuhkan Tunarungu

Ilustrasi (Ubergizmo)
 

Minggu, 24 Maret 2019 | 09:43

Analisadaily – Penderita tuli biasanya tidak punya pilihan selain menerimanya atau menggunakan alat bantu dengar yang beberapa tahun terakhir meningkat pesat. Tetapi, dalam hal penyembuhan secara penuh masih merupakan sesuatu yang belum banyak bisa dijangkau.

Menurut siaran pers yang dikeluarkan Pemerintah Afrika Selatan, para dokter di wilayah itu telah melakukan transplantasi telinga tengah pertama yang pada gilirannya telah menyembuhkan seorang pasien tunarungu.

Melalui penggunaan tulang telinga tengah 3D yang dicetak dan dikembangkan Profesor Mashudu Tshifularo dan timnya di University of Pretoria (UP) Fakultas Kesehatan, tampaknya berhasil menyembuhkan pasien tuli.

Memungkinkan untuk mendengar lagi setelah telinga tengah rusak dalam kecelakaan mobil.

“Dengan hanya mengganti ossicles yang tidak berfungsi dengan baik, prosedur ini memiliki risiko yang jauh lebih baik daripada prosthesis yang diketahui dan prosedur pebedahan. Kami akan menggunakan titanium untuk prosedur ini,” kata Tshifularo.

“Kami pakai endoskop untuk melakukan penggantian, sehingga transplantasi diharapkan cepat dengan jaringan parut minimal,” tambah Tshifularo dilansir dari Ubergizmo, Minggu (24/3).

Bagian terbaik dari operasi ini adalah bisa dilakukan pada siapa saja dan semua orang, termasuk bayi baru lahir. Ini juga mengurangi kemungkinan kelumpuhan saraf wajah yang dapat terjadi jika saraf wajah yang melewati ruang telinga tengah rusak selama operasi tradisional.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar