Transplantasi Sel Pankreas Ampuh Atasi Diabetes

Penulis: Kiki Safitri | Editor: Ria Situmorang

Transplantasi Sel Pankreas Ampuh Atasi Diabetes

Ilustrasi (streamspoils)

Selasa, 19 April 2016 | 17:31

Analisadaily - Transplantasi sel pankreas yang memproduksi insulin dikatakan merupakan sebuah harapan baru untuk pengobatan diabetes. Sebuah studi menunjukkan, transplantasi ini bisa melindungi pasien diabetes parah dari komplikasi yang mengancam jiwa.

Transplantasi ini digunakan di beberapa negara, tapi di Amerika Serikat, transplantasi ini hanya bagian dari studi penelitian. Berbekal temuan ini, peneliti berharap bisa melakukan transplantasi ini pada pasien diabetes tipe 1 yang paling berisiko menyebabkan kematian.

"Terapi diabetes berbasis sel ini berpotensi luar biasa untuk pasien diabetes parah," kata pemimpin penulis studi, Dr Bernhard Hering dari University of Minnesota, seperti dilansir FoxNews, Selasa (19/4).

Pada diabetes tipe 1, sistem kekebalan tubuh bisa menghancurkan sel-sel pankreas yang berfungsi membentuk insulin, hormon penting untuk mengubah gula darah menjadi energi.

Sekitar 1 juta orang Amerika mengalami diabetes tipe 1 dan sampai dengan saat ini bergantung pada suntikan insulin reguler untuk bertahan hidup. Namun tetap saja kematian mengancam jiwa mereka tatkala mereka nantinya akan mengalami komplikasi gula darah.

Penderita diabetes yang mendapatkan transplantasi ginjal diketahui terkadang juga menerima transplantasi pankreas yang pada dasarnya ampuh mengatasi masalah diabetes mereka. 

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar