Transplantasi Kulit Sukses Tumbuhkan Folikel Rambut

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Ria Situmorang

Transplantasi Kulit Sukses Tumbuhkan Folikel Rambut

Transplantasi kulit tumbuhkan folikel rambut (BBC)

Minggu, 3 April 2016 | 18:44

Analisadaily - Para ilmuwan dari Jepang telah berhasil melakukan transplantasi kulit dengan menumbuhkan rambut pada kulit yang ditransplantasi.

Dimulai dengan sel induk yang terbuat dari gusi tikus, peneliti berhasil membuat beberapa lapisan kulit, folikel rambut dan kelenjar keringat.

Para peneliti mengatakan keberhasilan ini akan memakan waktu 5-10 tahun untuk diaplikasikan pada manusia. Tim berharap sistem mereka mampu membuat kulit yang ditransplantasi berfungsi sempurna pada tubuh manusia.

Keberhasilan ini dilaporkan akan membantu korban luka bakar. Dilaporkan dari BBC, Minggu (3/4), penemuan ini jauh lebih unggul dibandingkan dengan teknik kultur dan cangkok kulit.

Pencangkokan kulit menghasilkan kulit tanpa banyak komponen biologis dan fungsi kulit itu sendiri. Teknik ini juga bisa diadaptasi untuk memproduksi sampel kulit realistis, obat atau kosmetik.

(BBC)

(BBC)

"Sampai sekarang, pengembangan kulit buatan telah terhambat fakta bahwa kulit kekurangan organ penting, seperti folikel rambut dan kelenjar eksokrin, yang memungkinkan kulit untuk memainkan peran penting dalam regulasi. Dengan teknik baru ini, kami telah berhasil menumbuhkan kulit yang mereplikasi fungsi jaringan normal,” kata Takashi Tsuji, peneliti dari studi ini.

"Mimpi untuk bisa menciptakan organ yang sebenarnya pada transplantasi kulit segera terwujud,” tambahnya.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar