Tips Tidur Nyenyak

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Lely Novita

Tips Tidur Nyenyak

Ilustrasi (The Warm Milk Journal)

Kamis, 31 Desember 2015 | 10:34

Analisadaily - Masalah tidur menjadi perkara yang tidak dapat dianggap remeh. Ada banyak penyebab dan jenis-jenis masalah tidur.

Apapun jenisnya, masalah tidur tetap dapat membuat kesehatan menjadi jauh lebih buruk, termasuk penyakit jantung, serangan jantung, gagal jantung, denyut jantung tidak teratur, tekanan darah tinggi, stroke dan diabetes.

Beberapa tips agar Anda dapat tidur nyenyak adalah:

1. Kamar gelap

Cahaya gelap dapat membuat kualitas tidur menjadi lebih baik. Menggunakan tirai atau masker mata untuk mencegah terlalu banyak cahaya yang masuk dapat menyebabkan tidur Anda terganggu. Tidur dalam kegelapan memungkinkan tubuh kita memproduksi melatonin yang merupakan bagian penting dari siklus tidur.

2. Tidur telentang

Berbaring telentang adalah posisi tidur terbaik. Hal ini juga dapat membantu Anda menghindari rasa sakit dan nyeri. Tidur dengan posisi telentang juga membuat leher Anda tetap datar. Postur tidur yang buruk dapat menyebabkan masalah gangguan tidur jangka panjang.

3. Mengatur suhu kamar tidur

Jika kamar Anda terlalu panas atau terlalu dingin, bisa mengganggu tidur malam yang baik. Dilaporkan dari Fox News, Rabu (30/12), suhu optimal untuk tidur adalah antara 60 dan 65 derajat Fahrenheit.

4. Batasi tidur siang

Penelitian menunjukkan bahwa banyak tidur di siang hari justru bisa membuat orang merasa lebih lelah. Hal ini juga dapat menyebabkan Anda untuk tetap aktif di malam hari. Jika ingin tidur siang, batasi tidur Anda hanya sekitar 20 menit.

5. Makan makanan yang sehat

Apa yang Anda makan dapat mempengaruhi kualitas tidur. Sebaiknya, makan malam dengan makanan sehat dan beberapa jam sebelum tidur. Kemudian, hindari stimulan seperti kafein dan gula. Hindari minum alkohol sebelum tidur.

6. Olahraga

Penelitian menunjukkan, orang yang berolahraga sangat kecil kemungkinannya mengalami masalah tidur. Tapi, olahraga di pagi atau sore hari dapat membuat suhu tubuh meningkat dan lama turun ke tingkat normal, sehingga lebih sulit untuk tidur.

7. Menetapkan rutinitas tidur

Tidur setiap malam dengan waktu tidur yang tetap dapat membantu tubuh Anda mengetahui kapan saatnya untuk tidur. Cobalah untuk menghindari pil tidur. Pil tidur tidak membantu memecahkan masalah karena tidak bertahan lama.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar