Tips Tetap Cantik untuk Wanita Pasca Melahirkan

Tips Tetap Cantik untuk Wanita Pasca Melahirkan

Spesialis Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik sekaligus Owner The Clinic, dr. Arya Tjipta, Sp.BP-RE

(rel/rzd)

Minggu, 6 Oktober 2019 | 14:29

Analisadaily (Medan) – Penampilan pasca melahirkan menjadi salah satu yang diperhatikan oleh para wanita saat ini. Apalagi wanita di perkotaan yang cenderung generasi milenal dan sangat peduli dengan penampilan.

Spesialis Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik sekaligus Owner The Clinic, dr. Arya Tjipta, Sp.BP-RE mengatakan, banyak wanita hamil saat ini menginginkan penampilan yang baik setelah melahirkan, karena mereka sangat suka main media sosial.

“Saat ini permintaan meningkat untuk perawatan kecantikan pasca melahirkan, dan biasanya pasien tidak mau terlalu lama,” kata dr. Arya saat menjadi pembicara dalam acara Junior Baby Expo di Mall Centre Point Medan, Jalan Jawa, Minggu (6/10).

Diungkapkan dr. Arya, dari sekian banyak perawatan kecantikan, ada perawatan yang khusus membuat perut dan bokong kembali terlihat bagus bagi wanita pasca hamil. Nama alatnya Emsculpt.

“Selesai perawatan perut terasa keram, mau mengurangi perut gemuk tidak ada yang instan. Banyak artis dan publik figur menggunakan alat Emsculpt untuk perawatan,” ungkapnya.

Kepada para pasiennya, dr. Arya tidak suka menyarankan untuk melakukan operasi. Ada beberapa hal yang sering ditawarkan dr. Arya seperti olah raga, diet, perawatan diri, dan terakhir kalau untuk membaguskan, bisa operasi Liposuctionatau sedot lemak untuk memperbaiki bentuk ideal.

“Lemak tidak bisa hilang secara instan, ada tahapan, ada tolak ukur yang harus dipahami dalam setiap berat tubuh seseorang. Satu lagi, keloid tidak bisa dihilangkan, tapi disamarkan bisa,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Spesialis Kulit dan Kelamin, dr. Radha L.H Siregar, Mked (KKI), menyebut, berdasarkan data, banyak keluhan ibu hamil seperti jerawat, flek hitam, strechmark, dan kulit sensitif.

“Alangkah baiknya mencegah daripada mengobati, lalu perawatan. Kalau muncul keloid, jangan sembarangan dikasih salep, baiknya dikonsultasikan ke dokter. Asal pemilihannya tepat, bayi tidak apa-apa dan masalah teratasi,” ujarnya.

Dokter Kecantikan, Dr. Ratna Dianitami (rzp)

Dokter Kecantikan, Dr. Ratna Dianitami (rzp)

Sementara Dokter Kecantikan, Dr. Ratna Dianitami menerangkan, strechmark adalah guratan pada kulit yang muncul karena adanya peningkatan massa dari kulit. Semua bisa terkena strechmark, baik laki-laki, perempuan, anak-anak maupun orang dewasa.

“Selain di perut, bisa terjadi di pantat, perut, dan paha. Setelah melahirkan bisa perawatan untuk memudarkan strechmark,” sebutnya.

Diterangkan Dr. Ratna, faktor penyebab strechmark bisa genetik. jika orang tua ada strechmark, anaknya kemungkinan 80 persen akan ada. Selain itu juga faktor pubertas, kehamilan, obat steroid, pemakaian lotion, peningkatan massa otot, dan obesitas.

“Apakah bisa hilang? Tidak bisa, sampai saat ini belum, yang bisa dilakukan hanya menyamarkan,” tandasnya.

(rel/rzd)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar