Tips Terhindar Dari Penyakit Kanker Payudara (Part 1)

Penulis: Reza Perdana

Tips Terhindar Dari Penyakit Kanker Payudara (Part 1)

Ilustrasi (Boldsky)

Rabu, 24 Mei 2017 | 16:53

Analisadaily - Kanker payudara adalah sejenis kanker yang berasal dari jaringan payudara. Salah satu masalah umum seputar kanker payudara adalah bahwa hal itu tidak terdeteksi cukup cepat.

Hal tersebut disebabkan rendahnya kesadaran akan penyakit. Beberapa faktor umum yang dapat meningkatkan risiko terkena kanker payudara adalah usia, riwayat keluarga, menstruasi dini, menopause akhir, komposisi jaringan payudara, kehamilan tertunda, paparan radiasi, merokok, penggunaan pil KB serta penggantian hormon.

Dilansir dari Boldsky, Rabu (24/5), berikut tips agar terhindar dari penyakit kanker payudara:

1. Rutin Berolahraga

Ini bisa berupa apapun, tapi melakukan semacam latihan dikatakan sangat membantu. Jalan cepat, gym, aerobik atau yoga bisa dilakukan setiap hari selama 45 menit.

Hal ini terbukti bisa mengurangi risiko kanker payudara secara efektif. Hal ini juga bermanfaat bagi penderita kanker payudara untuk mengatasi trauma pengobatan. Tips ini juga dikonfirmasi dalam penelitian 'Efek Latihan Pada Pasien Kanker Payudara dan Korban: Sebuah Tinjauan Sistematis dan Analisis Meta'.

2. Mengendalikan Stres

Stres adalah silent killer. Stres menurunkan kekebalan tubuh atau mekanisme resistansi. Hal ini menurunkan kemampuan tubuh untuk melawan sel kanker. Oleh karena itu, Anda harus berusaha keras menyingkirkan semua jenis stres dalam hidup Anda.

3. Fokus Pada Makanan Berbasis Tanaman

Makanan biji-bijian, buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dapat membantu mencegah kanker. Pastikan untuk memiliki sebagian besar salad dengan sayuran seperti selada, tomat, bit, ketimun, biji rami, kacang almond, kenari, dan lainnya.

Anda juga bisa memilih sandwich yang terbuat dari roti multigrain dengan banyak sayuran di dalamnya.

4. Perbanyak Serat

Ini adalah komponen yang membantu mencegah kanker. Makanan kaya serat membantu membersihkan sistem pencernaan dan mendorong senyawa penyebab kanker keluar dari usus sebelum bisa membahayakan.

Anda bisa menambahkan lebih banyak serat ke makanan dengan mengonsumsi nasi merah serta dengan mengonsumsi buah dengan kulit.

5. Hindari Makanan Olahan

Makanan yang dikonsumsi dalam bentuk aslinya lebih memberi perlindungan lebih bagi tubuh Anda. Makanan olahan hanya mengisi tubuh Anda dengan lebih banyak racun dan meningkatkan risiko kanker.

Selanjutnya, alih-alih mencari jus jeruk, Anda bisa memilih untuk makan jeruk segar. Inilah salah satu tip terbaik untuk mencegah kanker payudara.

6. Konsumsi Daging Merah Dan Susu

Tahukah Anda bahwa vegetarian cenderung 50 persen terkena kanker daripada mereka yang bukan vegetarian? Ini karena daging dan susu mungkin tidak mengandung sifat pelindung kanker.

Mereka juga mengandung lemak jenuh yang terkait dengan peningkatan risiko kanker.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar