Tips Mudah Mengonsumsi Lebih Banyak Air

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Reza Perdana

Tips Mudah Mengonsumsi Lebih Banyak Air

Ilustrasi (Huffington Post)

Senin, 23 Oktober 2017 | 11:01

Analisadaily - Mengapa minum air putih lebih sulit. Padahal, berbagai minuman jenis lain sangat mudah dilakukan? Menurut ahli kesehatan, minum delapan gelas sehari wajib dilakukan agar kita tidak dehidrasi dan mengalami masalah kesehatan lainnya, terutama di siang hari.

"Kita kehilangan cairan dengan cara berkeringat atau buang air kecil. Apalagi jika Anda sakit perut. Akan banyak cairan yang keluar dari tubuh, sehingga tubuh membutuhkan lebih banyak cairan daripada biasanya. Tanpa sakit, rata-rata orang kehilangan cairan 1,5 liter per hari," kata ahli gizi, Fiona Tuck.

"Cara termudah untuk mengetahui apakah Anda mendapatkan cukup cairan dengan melihat warna urin. Jika bening, maka tidak ada masalah dengan asupan air. Jika warna urin semakin gelap, maka Anda kurang mengonsumsi air putih," tambahnya.

Agar tidak kekurangan cairan setiap harinya, ada beberapa tips agar Anda dipastikan tidak kekurangan air putih setiap harinya. Tipsnya antara lain:

Selalu siapkan air minum di dalam kamar

"Jika air sudah habis di dalam botol minum, akan sangat sulit bagi seseorang mengisi ulangnya. Saya berpikir ada baiknya selalu menyediakan air minum di dalam kamar. Sehingga, sebelum tidur Anda akan ingat untuk meminum terlebih dahulu,” kata Tuck, seperti dilansir dari Huffington Post, Senin (23/10).

Pada dasarnya, kita menyukai kenyamanan. Menyediakan air di dalam kamar akan membuat Anda lebih nyaman karena tidak melulu keluar kamar mengambil air minum. Khususnya di tengah malam saat terbangun dan merasa haus.

Menambahkan rasa

Tidak ada masalah jika Anda menambahkan rasa pada air. Hanya saja, rasa atau campuran yang dimasukkan ke dalam air haruslah bahan yang baik. Misalnya rempah, daun mint atau buah.

Teh herbal

"Teh herbal adalah cara yang fantastis untuk meningkatkan asupan air. Namun, jangan terlalu banyak meminumnya. Teh herbal bisa dikonsumsi beberapa hari dalam seminggu untuk membuat banyak rasa," tambah Tuck.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar