Tips Menghilangkan Bakteri Listeria dari Buah dan Sayur

Penulis: Elfa | Editor: Eka Azwin Lubis

Tips Menghilangkan Bakteri Listeria dari Buah dan Sayur

Sayur dan buah (Fox News)

Rabu, 31 Agustus 2016 | 07:51

Analisadaily - Puluhan ribu sayur kemasan ditarik dari pasaran di 10 negara bagian Amerika Serikat, termasuk Alabama, Florida, Georgia, Kentucky, Mississippi, North Carolina, South Carolina, Tennessee dan Virginia. Penarikan sayuran tersebut bukan tanpa sebab.

Country Fresh mengumumkan, penarikan beberapa produk sayur seperti bawang, jamur dan paprika itu karena positif mengandung bakteri listeria.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention, sayuran dan buah mentah dapat terkontaminasi bakteri listeria melalui tanah atau pupuk kandang yang digunakan. Bahkan bakteri listeria tetap bertahan hingga buah dan sayur masuk ke pabrik pengolahan makanan.

Bakteri ini bisa hidup selama bertahun-tahun karena dapat berkembang di suhu dingin, bahkan di freezer.

"Ini adalah patogen yang membuat masalah pada makanan karena listeria menyukai dingin, lembap dan lingkungan yang gelap," kata seorang ahli keamanan pangan di North Carolina State University, Benjamin Chapman, dilansir dari Fox News, Rabu (31/8).

Sejauh ini, belum ada kasus yang dialami masyarakat akibat pencemaran listeria. Namun infeksi listeria bisa berdampak serius, bahkan hingga mematikan.

Infeksi listeria dapat menyebabkan demam, nyeri otot, diare dan pada wanita hamil dapat menyebabkan keguguran. Untuk menghindari listeria, ada beberapa tips:

1. Bilas buah-buahan dan sayuran sebelum dimakan, dipotong atau dimasak.

2. Gunakan sikat bersih untuk menggosok sayuran dan buah.

3. Pisahkan sayur dan buah dengan daging mentah.

4. Pastikan Anda mencuci tangan, pisau atau talenan sebelum memegang sayur dan buah.

5. Jangan minum susu yang tidak dipasteurisasi.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar