Tips Manjaga Kesehatan Agar Tetap Fit Selama Ramadan

Tips Manjaga Kesehatan Agar Tetap Fit Selama Ramadan

Ilustrasi (Pixabay)

(jw/rzd)

Sabtu, 4 Mei 2019 | 18:22

Analisadaily (Medan) - Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BBMKG) wilayah I Medan memprediksi dalam tiga hari ke depan cuaca di sebagian wilayah Sumatera Utara (Sumut) masih terjadi panas. Bahkan memasuki Mei terjadi musim kemarau.

Bertepatan dengan itu, pada Mei ini umat muslim melaksanakan ibadah puasa. Untuk mengantisipasi badan agar selalu fit dalam melaksanakan ibadah puasa dan menjalankan aktivitas, masyarakat harus selalu menjaga kesehatan.

Ketua Persatuan Dokter Umum Indonesia (PDUI) Sumut, dr. Dedi Irawan Nasution mengatakan, untuk mengantisipasi badan agar selalu dalam kondisi fit dalam melakukan aktivitas saat bulan puasa, perlu asupan air putih yang cukup.

"Minum air putih yang cukup agar cairan tubuh tetap terjaga. Dalam kondisi terik, cairan tubuh begitu cepat habis, karena juga keluar bersama keringat. Apalagi jika kita aktivitas di luar ruangan, pastinya cairan tubuh lebih cepat keluar," katanya, Sabtu (4/5).

Selain itu, dr. Dedi juga menuturkan, pada saat panas terik melanda perbanyak minum air. Dalam sehari setidaknya kita harus menghabiskan 6 sampai 8 gelas air.

"Jagalah kesehatan semaksimal mungkin, supaya tubuh kita selalu prima menjalani aktivitas sehari-hari. Minum air itu sangat penting, karena cairan tubuh perlu diperbarui," tuturnya.

dr. Dedi menjelaskan, konsumsi buah yang banyak mengandung air juga salah satu untuk menjaga tubuh agar fit.

"Misalnya semangka, melon, jeruk, dan lain-lain. Buah yang kaya air akan menambah pasokan cairan. Buah juga mengandung banyak vitamin untuk daya tahan tubuh," jelasnya.

Menurut dr. Dedi, konsumsi makanan cukup gizi dan asupan makanan yang cukup juga sangat penting saat cuaca terik. Namun, tidak boleh sembarangan. Karena asupan makanan yang dibutuhkan harus yang punya gizi cukup.

"Jadi, sayuran, ikan, daging, itu penting untuk menambah stamina kita. Juga konsumsi suplemen kaya vitamin C dan B. Fungsi vitamin  untuk menjaga daya tahan tubuh," ucapnya.

Pada saat cuaca terik, berbagai penyakit juga kerap terjadi pada tubuh. Oleh karena itu, dr. Dedi menambahkan, penyakit yang kerap menjadi teror tubuh saat cuaca terik antara lain, demam, batuk, pilek, dan flu.

"Tips terakhir adalah istirahat yang cukup. Karena istirahat adalah mengembalikan stamina. Boleh saja begadang, tapi tetap upayakan istirahat yang cukup," tambahnya.

(jw/rzd)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar