Tips Aman Gunakan Lensa Kontak Berwarna

Penulis: Kiki Safitri | Editor: James P Pardede

Tips Aman Gunakan Lensa Kontak Berwarna

Lensa Kontak (FoxNews)

Minggu, 27 Desember 2015 | 10:37

Analisadaily - Kecenderungan mata untuk beralih warna tampaknya sedang menjadi trend saat ini. Berbagai warna mata yang dapat Anda pilih seperti coklat gelap alami, rona abu-abu kebiruan dan sebagainya layaknya pameran busana Victoria Secret Fashion Show dapat Anda peroleh dari lensa kontak. Tapi memakai lensa kontak berwarna yang aman, terutama mengingat berbagai cerita mengerikan dibalik penggunaan lensa kontak.

Nah, beberapa tips ini mungkin bisa membantu Anda dalam menggunakan lensa kontak warna yang tepat seperti dilansir FoxNews:

1. Pergi ke seorang profesional

Dokter mata, Dr Steven Shanbom, dokter mata di Berkley, Michigan mengatakan bahwa lensa kontak berwarna pada dasarnya tidak ehat.

"Anda harus mempertimbangkan lensa kontak berwarna Anda secar medis, bukan mainan." kata Steven.

"Jika Anda memiliki lensa kontak yang terlalu ketat atau kelengkungannya terlalu pendek, Anda dapat menempel dan ketahanan mata Anda bisa menyebabkan abrasi atau iritasi,"

"Itu tempat bagi bakteri untuk masuk dan menyebabkan infeksi."

2. Gunakan lensa dari merek terkenal

Meskipun dimungkinkan untuk memesan lensa kontak berwarna secara online atau beli di toko-toko tertentu, Shanbom memperingatkan bahwa setiap merek yang tidak memerlukan resep yang valid tidak dapat dipercaya.

"Jika Anda melihat profesional perawatan mata dalam hal penggunaan lensa kontak, Anda akan mendapatkan produk yang aman," jelasnya.

Masalah dengan merek-merek yang belum diverifikasi adalah bahwa mereka dibuat menjadi satu ukuran dengan kecocokan untuk semua, tapi semua kornea tidak sama. Sama seperti kaki Anda memerlukan ukuran sepatu yang benar, bola mata Anda membutuhkan lensa yang cocok. Dengan memakai lensa kontak yang tidak benar dan tidak sesuai dengan mata Anda, Anda akan berpeluang mengalami resiko iritasi, infeksi, dan bahkan kebutaan.

3. Merawat Lensa Kontak

Sama seperti lensa yang diresepkan, Anda tidak semudah itu dalam menggunakan lensa setelah Anda memasang lensa pada mata Anda. Lensa harus selalu dibuang setelah waktu tertentu dan diganti dengan lensa yang segar. Dan Anda tidak harus membersihkan lensa Anda dengan apa pun selain membersihkan tangan dan air steril.

"Itu sama saja jika Anda memiliki kontak berwarna atau lensa yang tidak berwarna," kata Shanbom.

 

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar