Timbal Ditemukan di Lipstik dan Shampo

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Reza Perdana

Timbal Ditemukan di Lipstik dan Shampo

Ilustrasi (Fox News)

Sabtu, 24 Desember 2016 | 09:28

Analisadaily - Food and Drug Administration (FDA) mengumumkan tentang adanya kandungan yang ditemukan dalam lipstik dan shampo. FDA menemukan 10 dari satu juta produk lipstik, lip gloss dan lip liners, serta kosmetik, termasuk eye shadows, blushes, body lotions dan shampo yang mengandung timbal.

Produk ditemukan mengandung timbal asetat sebagai salah satu bahannya. Dilansir dari Fox News, Sabtu (24/12), kandungan timbal yang ditemukan berada pada pasar Amerika Serikat dan beberapa negara lain yang tidak disebutkan. FDA menyarankan kepada masyarakat untuk lebih teliti dalam membeli merek lipstik dan shampo.

"Meskipun sebagian besar kosmetik di pasar di Amerika Serikat umumnya hanya mengandung kurang dari 10 ppm timbal, ini tetap berbahaya dan kami menyadari, beberapa kosmetik dari negara lain mengandung timbal di tingkat yang lebih tinggi," kata FDA.

Timbal merupakan unsur alami yang ditemukan dalam jumlah kecil di kerak bumi. Sementara itu memiliki beberapa manfaat, dan jika terlalu tinggi kadarnya dapat menjadi racun bagi manusia dan hewan.

Timbal dapat menyebabkan efek kardiovaskular, masalah ginjal dan masalah reproduksi pada anak-anak. Timbal pada wanita hamil dapat menyebabkan kelahiran prematur atau mengurangi pertumbuhan janin.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar