Tes Darah Untuk Mengetahui Kanker Semakin Dekat

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Christison Sondang Pane

Tes Darah Untuk Mengetahui Kanker Semakin Dekat

Tes Darah (Fox News)

Jumat, 19 Januari 2018 | 10:30

Analisadaily - Sebuah tim di Universitas Johns Hopkins telah menguji metode yang mendeteksi delapan bentuk umum dari penyakit kanker.

Tes darah yang dilakukan setiap tahun s=diharapkan dapat mendeteksi kanker lebih dini.

Sel kanker melepaskan jejak di DNA dan protein manusia. Kemudian, sel kaner bermutasi dalam aliran darah. Tes darah yang dilakukan telah mencari mutasi pada 16 gen yang secara teratur muncul pada kanker dan delapan protein yang sering dilepaskan.

Tes darah telah dilakukan pada 1.005 pasien yang menderita kanker di ovarium, hati, perut, pankreas, kerongkongan, usus besar, paru-paru atau payudara yang belum menyebar ke jaringan lain. Secara keseluruhan, tes tersebut berhasil menemukan 70% kanker sejak dini.

Dr. Cristian Tomasetti, dari Sekolah Kedokteran Universitas Johns Hopkins, mengatakan, mendeteksi kanker melalui darah sangat penting, dan hasilnya sangat menarik.

"Saya pikir ini bisa berdampak besar pada kematian akibat kanker. Semakin dini kanker ditemukan, semakin besar kesempatan untuk bisa mengobatinya,” kata Cristian, seperti laporan dari BBC, Jumat (19/01).

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar