Tes Darah Bisa Deteksi Kanker Prostat

Penulis: Elfa | Editor: Christison Sondang Pane

Tes Darah Bisa Deteksi Kanker Prostat

Kanker Prostat (BBC)

Senin, 19 Juni 2017 | 11:13

Analisadaily - Tes darah yang dikembangkan para ilmuwan dapat mendeteksi adanya kanker prostat stadium lanjut pada seorang pria. Cara ini dapat menjadi alternatif untuk menjalankan pengobatan lebih cepat untuk menyelamatkan seseorang.

Tes darah mencakup mendeteksi DNA kanker dalam darah. Cancer Research di UK mengatakan, tes darah yang dilakukan mampu meningkatkan harapan hidup pasien. Jenis atau cara presisi ini dipandang sebagai pencegahan di masa depan.

Cara ini juga dapat menjadi acuan bagi dokter untuk memberikan jenis dan dosis obat kanker. Dilansir dari BBC, Senin (19/6), peneliti dari The Institute of Cancer Research dan Royal Marsden NHS Foundation Trust mengatakan, tes tersebut dapat membantu memberikan pengobatan lebih baik dan mengurangi efek sampingnya.

“Dari temuan ini, kami dapat mengembangkan tes tiga-satu yang kuat. Nantinya dapat digunakan untuk membantu dokter memilih pengobatan, pemeriksaan yang tepat. Apakah itu bekerja atau memantau kanker dalam jangka panjang,” kata Prof Johann de Bono, konsultan onkologi.

"Tes ini tidak hanya berdampak besar pada pengobatan kanker prostat, tapi juga bisa disesuaikan untuk membuka kemungkinan pengobatan presisi bagi pasien dengan jenis kanker lainnya,” tambahnya.

Kanker prostat adalah kanker yang paling umum pada pria. Lebih dari 46.000 pria didiagnosis menderita penyakit ini setiap tahun di Inggris.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar