Tes Darah Bisa Deteksi Kanker Dalam 10 Menit

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Eka Azwin Lubis

Tes Darah Bisa Deteksi Kanker Dalam 10 Menit

Tes Darah (Fox News)

Senin, 10 Desember 2018 | 14:10

Analisadaily - Tes darah sederhana dikembangkan lebih baik di masa mendatang agar dapat mendiagnosis kanker hanya dalam waktu 10 menit. Tes darah akan menunjukkan sejumlah DNA mengambang melalui pembuluh darah.

Terobosan ini bisa menghasilkan deteksi dini dan peluang penyembuhan lebih banyak. Mulai dari perawatan hingga pencegahan pengembangan kanker.

Profesor Matt Trau dari Universitas Queensland, Brisbane, Australia, mengatakan, hampir setiap bagian dari DNA memiliki pola yang sangat mudah untuk memprediksi kanker.

"Ini penemuan yang mengejutkan. Tes untuk mendeteksi sel-sel kanker dapat dilakukan dalam 10 menit," kata Trau, dilansir dari Fox News, Senin (10/12).

Akurasi dari tes ini mencapai 90%. Teknik ini juga dapat digunakan pada biopsi jaringan. Selama ini MRI scan adalah metode yang paling sering digunakan, tetapi cenderung melewatkan tumor kecil. Sekitar sembilan dari sepuluh kematian akibat kanker dikarenakan diagnosis terlambat.

"Karena kanker adalah penyakit yang sangat rumit dan bervariasi, sulit untuk menemukan tanda sederhana yang umum untuk semua kanker, namun berbeda dari sel-sel sehat," jelas seorang pakar medis, Dr. Abu Sina

Para peneliti berfokus pada DNA yang bersirkulasi dalam aliran darah. Setelah sel-sel kanker mati maka mereka akan mengambang.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar