Terlalu Banyak Konsumsi Ibuprofen Berbahaya Bagi Infertilitas Pria

Penulis: Elfa | Editor: Christison Sondang Pane

Terlalu Banyak Konsumsi Ibuprofen Berbahaya Bagi Infertilitas Pria

Ibuprofen (Fox news)

Kamis, 11 Januari 2018 | 10:56

Analisadaily - Pria yang sering mengonsumsi Ibuprofen atau obat pereda nyeri sebaiknya lebih berhati-hati. Dosis maksimum yang diperbolehkan mengonsumsi Ibuprofen untuk orang dewasa adalah 1.200 mg sehari.

Jika lebih dari dosis yang dianjurkan, obat dapat menyebabkan infertilitas pria. Setelah dua minggu mengonsumsi rutin Ibuprofen, para periset menemukan, rasio hormon penghasil testosteron pada pria menurun.

Ini menyebabkan kondisi yang disebut hipogonadisme. Biasanya sering terjadi pada pria lanjut usia dan dikaitkan dengan penurunan kesuburan.

Dilansir dari Fox News, Kamis (11/01), menurut peneliti, Ibuprofen dapat mengubah sistem endokrin melalui represi transkripsi selektif pada testis manusia. Sehingga menyebabkan hipogonadisme kompensasi.

"Ini adalah studi penting yang secara elegan menggabungkan penelitian klinis dasar, baik pada tingkat jaringan dan selule untuk menunjukkan bahwa ibuprofen dapat secara reversibel menghalangi produksi testosteron oleh sel testis," kata Richard Quinton MD, dari Universitas Newcastle di Inggris dan Society for Endocrinology.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar