Terapi Sel Otak Menjanjikan untuk Penyakit Parkinson

Penulis: Elfa | Editor: Reza Perdana

Terapi Sel Otak Menjanjikan untuk Penyakit Parkinson

Sel otak (BBC)

Rabu, 12 April 2017 | 11:09

Analisadaily - Para ilmuwan percaya, mereka telah menemukan cara mengobati dan menyembuhkan penyakit Parkinson dengan membuat sel-sel pengganti untuk memperbaiki sel otak yang rusak.

Mereka mengatakan sel-sel otak manusia dapat dikembalikan lebih baik saat menderita Parkinson dengan melakukan terapi sel otak. Penelitian yang sudah dilakukan tes pada tikus diklaim sangat menjanjikan, meskipun penelitian masih sangat awal.

Para ilmuwan masih harus memeriksa, apakah pengobatan tersebut aman dan apakah sel-sel yang memulai hidup sebagai astrosit dikonversi agar benar-benar berfungsi, seperti neuron yang memproduksi dopamin.

Sebab penderita Parkinson kekurangan dopamine. Dilansir dari BBC, Rabu (12/4), peneliti menggunakan koktail molekul kecil untuk reprogramme sel dalam otak. Ketika dicampur dengan sampel astrosit manusia, produksi sel-sel yang erat menyerupai neuron dopamine terlihat berkembang.

Dr. Patrick Lewis, seorang ahli dalam ilmu saraf di University of Reading mengatakan, pekerjaan seperti ini berpotensi menawarkan terapi sel otak untuk Parkinson.

"Ke depannya, mencoba untuk melakukan hal yang sama pada manusia akan menjadi tantangan besar. Pengembangan lebih lanjut dari teknik ini sangat dibutuhkan. Jika berhasil, itu akan mengubah cara orang mengobati Parkinson," kata Lewis.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar