Telur Cacing Pita Bisa Pindah Melalui Aliran Darah

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Reza Perdana

Telur Cacing Pita Bisa Pindah Melalui Aliran Darah

Telur cacing pita (Fox News)

Rabu, 25 Juli 2018 | 14:41

Analisadaily - Dokter di New Delhi mengatakan, setidaknya 100 telur cacing pita ditemukan di dalam otak anak berusia delapan tahun. Hal ini mengakibatkan anak-anak mengalami sakit kepala parah dan kejang.

Telur-telur cacing pita disebutkan bisa berpindah ke otak melalui aliran darah. Para dokter di Fortis Hospital, New Delhi, India, mengatakan, telur cacing pita menyebabkan pembengkakan.

"Pemindaian otaknya menunjukkan lebih dari 100 titik putih, terbentuk karena telur cacing pita," kata Dr. Praveen Gupta, direktur neurologi di Fortis Hospital.

"Ketika telur mencapai otak melalui sistem saraf, mereka menyebabkan neurocysticercosis, yang ditandai dengan sakit kepala parah, serangan epilepsi dan kebingungan," lanjutnya, seperti dilansir dari Fox News, Rabu (25/7).

Infeksi cacing pita biasanya disebabkan oleh konsumsi makanan atau air yang terkontaminasi dengan parasit.

"Jika Anda menelan telur cacing pita tertentu, mereka dapat bermigrasi ke luar usus dan membentuk kista larva di jaringan tubuh dan organ. Jika Anda menelan larva cacing pita, mereka akan berkembang menjadi cacing pita dewasa di usus," kata perwakilan Mayo Clinic.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), kemungkinan penyebab kasus anak ini adalah Taenia solium, yang disebabkan karena mengonsumsi daging mentah atau setengah matang.

"Infeksi cacing pita T. solium dapat menyebabkan cysticercosis pada manusia. Pada akhirnya, menjadi penyakit serius yang dapat menyebabkan kejang dan kerusakan otot atau mata," jelas perwakilan CDC.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar