Susu Menyebabkan Jerawat

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Reza Perdana

Susu Menyebabkan Jerawat

Ilustrasi (Fox News)

Kamis, 9 Februari 2017 | 10:27

Analisadaily - Jerawat menjadi satu masalah yang sering menyebalkan. Ada banyak pula faktor penyebab jerawat. Salah satunya susu. Minuman ini menjadi salah satu penyebab yang paling sering dibahas dalam masalah jerawat.

Dijelaskan oleh dokter kulit bersertifikat, Joshua Zeichner, M.D, sekaligus direktur riset kosmetik di Rumah Sakit Mount Sinai menjelaskan, jerawat terjadi karena minyak terjebak di dalam pori-pori. Pada akhirnya tersumbat dan timbullah jerawat.

Bakteri dapat tumbuh dalam folikel yang menyebabkan peradangan. Nah, hubungannya dengan susu karena susu sapi dapat menyebabkan peradangan. Hormon-hormon dalam susu dapat bereaksi pada testosteron dalam tubuh. Pada akhirnya meningkatkan produksi minyak pada kulit.

“Juga, protein susu dan kandungan kasein di dalamnya bisa menyebabkan peradangan, meski Anda hanya meminumnya,” kata Whitney Bowe, M.D., seorang dermatolog bersertifikat di New York City.

Itu sebabnya susu bisa menjadi penyebab jerawat. Protein whey dan kasein sering ditambahkan ke skim susu. Ini mirip dengan insulin yang disebut dengan IGF-1 atau dikenal sebagai pemicu jerawat.

Bahkan penelitian telah menunjukkan, binaragawan dan atlet yang menggunakan suplemen whey seperti shake dan protein bar bisa menderita jerawat parah.

“Yogurt dan keju tampaknya tidak memiliki efek yang sama dengan susu. Probiotik dalam yogurt benar-benar dapat membantu mengontrol jerawat Anda. Hasil proses fermentasi di tingkat yang lebih rendah menjadikan yogurt aman digunakan,” tambanya.

Beberapa ada yang mengatakan produk susu lainnya, seperti keju juga mampu mengatasi jerawat. Dilansir dari Fox News, Kamis (9/2), untuk masalah keju sendiri, ini masih dalam tahap penelitian. Belum dapat dipastikan apakah keju baik atau bahkna justru buruk untuk wajah.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar