Susu Formula Buat Bayi Rentan Terhadap Alergi

Penulis: Lely Novita

Susu Formula Buat Bayi Rentan Terhadap Alergi

Bayi yang minum susu formula pada beberapa bulan pertama kelahiran rentan terhadap alergi (Telegraph)

Rabu, 11 Februari 2015 | 09:36

Analisadaily - Menurut sebuah studi, susu botol atau susu formula bisa membuat bayi lebih rentan terhadap alergi, diabetes, penyakit jantung dan masalah usus, yang dapat terjadi seiring dengan masa tumbuh kembang bayi.

BACA JUGA : 8 Tanda Pasien Kanker akan Segera Meninggal

Diet bayi selama beberapa bulan pertama kehidupan mereka memiliki pengaruh besar pada komposisi, keragaman dan stabilitas microbiome usus.

Penelitian terbaru dari University of North Carolina menemukan bahwa pemberian ASI dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri dalam usus bayi, sehingga membuat bayi lebih mudah dalam mencerna makanan padat.

“Kami menemukan bahwa bayi yang diberi makan hanya ASI memiliki komunitas mikroba yang tampaknya lebih siap dalam pengenalan makanan padat,” kata Professor Andrea Azcarate-Peril dari University of North Carolina, dilansir dari Telegraph.

“Transisi ke makanan padat jauh lebih dramatis untuk microbiome bayi yang tidak mendapat ASI eksklusif. Kami pikir microbiome bayi non-ASI eksklusif dapat berkontribusi pada sakit perut.”

Penemuan yang dipublikasikan dalam jurnal Frontiers in Cellular and Infection Microbiology ini menyarankan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya microbiome usus dalam membantu kita mencerna makanan dan melawan patogen (virus yang menyebabkan penyakit).

“Studi ini memberikan lebih banyak lagi dukungan untuk rekomendasi oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan lainnya untuk menyusui secara ekslusif selama enam bulan pertama,” kata penulis studi, Prof Amanda Thompson.

“Kita bisa melihat data bahwa susu formula pada diet bayi tidak mengubah bakteri usus bahkan jika Anda juga memberi ASI. ASI eksklusif benar-benar memuluskan transisi ke makanan padat.” (Lely)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar