Susu dan Yoghurt Membantu Meningkatkan Kesehatan Jantung

Penulis: Reza Perdana

Susu dan Yoghurt Membantu Meningkatkan Kesehatan Jantung

Ilustrasi (Boldsky)

Senin, 16 September 2019 | 22:46

Analisadaily - Ada banyak perdebatan di masa lalu mengenai apakah produk susu baik atau buruk untuk kesehatan jantung. Penelitian telah mendukung dan menolak klaim, mengonsumsi susu atau mengonsumsi yoghurt dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular karena lemak, kolesterol, asam lemak jenuh, dan kemungkinan laktosa.

Dengan semua kesalahpahaman dan kebingungan yang terjadi, keju rendah lemak atau non-lemak, susu dan yoghurt menjadi sangat populer. Namun, penelitian terbaru mengungkapkan bahwa, ketika dikonsumsi dalam jumlah sedang, produk susu sebenarnya bisa baik untuk kesehatan jantung.

Dilansir dari Boldsky, Senin (16/9), studi yang diterbitkan dalam European Heart Journal meneliti dampak produk susu pada kesehatan jantung. Penelitian ini terdiri dari 136.384 responden yang dipantau selama sembilan tahun. Penelitian ini bertujuan untuk menilai dan memahami bagaimana konsumsi produk susu akan berdampak pada kesehatan.

Selama periode penelitian, 6.796 kematian dan 5.855 kejadian jantung dilaporkan. Data analisis mengungkapkan bahwa (orang dewasa) responden yang mengkonsumsi dua porsi atau lebih memiliki risiko 22 persen lebih rendah untuk penyakit jantung, risiko 23 persen lebih rendah dari kematian terkait jantung dan risiko 34 persen lebih rendah untuk stroke dibandingkan dengan orang dewasa yang tidak mengkonsumsi susu sama sekali.

Akibatnya, para peneliti fokus pada mengeksplorasi dampak dari setiap produk susu. Terungkap bahwa satu porsi susu sehari dikaitkan dengan risiko penyakit jantung dan kematian terkait jantung 10 persen lebih rendah dibandingkan dengan individu yang tidak mengonsumsi susu. Dan satu porsi yogurt setiap hari mengurangi risiko kejadian jantung dan kematian terkait jantung sebesar 14 persen. Namun, konsumsi harian mentega dikaitkan dengan sedikit peningkatan risiko

Para peneliti memeriksa komponen individu dalam produk susu, untuk mengungkapkan bukti teoritis bahwa produk susu memang berperan dalam meningkatkan kesehatan jantung seseorang. Dimulai dengan vitamin D, membantu meningkatkan profil lipid darah, meningkatkan sensitivitas insulin dan mengatur tekanan darah.

Kandungan kalsium membantu dengan mengurangi resistensi pembuluh darah dan tekanan darah dan membatasi penyerapan lemak dengan mengikat dengan asam lemak untuk membentuk sabun yang tidak larut. Kandungan kalium, magnesium dan fosfor dalam produk susu membantu dalam mengelola tekanan darah seseorang.

Demikian juga, protein dan peptida bioaktif membantu dalam meningkatkan tingkat rasa kenyang, kadar lipid darah dan mengurangi tingkat tekanan darah yang tinggi. Asam lemak susu seperti asam linoleat terkonjugasi memiliki sifat anti-inflamasi dan juga membantu meningkatkan profil lipid darah dan meningkatkan sensitivitas insulin dan toleransi glukosa.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar