Studi: Suplemen Antioksidan Bisa Percepat Penyebaran Melanoma

Penulis: Kiki Safitri | Editor: Triansari Prahara

Studi: Suplemen Antioksidan Bisa Percepat Penyebaran Melanoma

Kanker Kulit /Melanoma (FoxNews)

Sabtu, 10 Oktober 2015 | 17:39

Analisadaily – Antioksidan sering disebut-sebut merupakan sebuah zat yang digunakan untuk melawan penyakit kanker karena potensinya, namun saat ini para peneliti mengatakan bahwa senyawa tersebut sebenarnya mempercepat penyebaran kanker melanoma (kanker kulit) yang berpotensi mematikan.

Antioksidan adalah senyawa dalam makanan dan tersedia juga dalam bentuk suplemen pil yang dapat mencegah oksidasi, yang dikatakan dapat merusak sel. Senyawa ini banyak dikonsumsi oleh orang sehat dan orang-orang dengan kanker, karena kemampuan antioksidan dalam mencegah dan melawan kanker.

Sebuah penelitian tentang manfaat anti-kanker dari antioksidan memberikan sebuah hasil yang beragam. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa antioksidan dapat benar-benar meningkatkan risiko kanker.

Para peneliti menemukan bahwa sel-sel melanoma manusia tumbuh ketika terkena NAC dan vitamin E. Antioksidan lain, juga menunjukkan tanda-tanda cenderung untuk menyerang jaringan atau menyebar ke bagian tubuh yang lain.

"Itu bukanlah suatu yang terlalu mengada-ada, bahwa antioksidan dapat meningkatkan penyebaran kanker pada pasien melanoma," kata penulis studi Martin Bergo, dari University of Gothenburg di Swedia, seperti dilansir dari FoxNews, Sabtu (10/10).

Selain itu, tidak ada bukti bahwa dengan mengambil suplemen antioksidan dapat bermanfaat bagi pasien dengan melanoma.

"Oleh karena itu, kami akan merekomendasikan orang-orang yang didiagnosis dengan melanoma untuk menghindari suplemen antioksidan." 

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar