Stres Bisa Buat Otak Cepat Menua

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Reza Perdana

Stres Bisa Buat Otak Cepat Menua

Ilustrasi (Life Psycologyst)

Selasa, 18 Juli 2017 | 14:01

Analisadaily - Peneliti melakukan tes atas kinerja memori otak dan tes berpikir terhadap 1.300 orang berusia 50-an. Penelitian ini dilakukan untuk mengukur kesehatan otak.

Dipresentasikan di Alzheimer's Association International Conference di London, hasil penelitian menjelaskan bagaimana otak bisa menua.

Stres menjadi faktor utama menuanya otak dan pada akhirnya mengurangi fungsi otak dan dapat menyebabkan demensia dalam jangka panjang.

Stres meningkatkan peradangan yang dapat meningkatkan kemungkinan pengembangan demensia.

Dr. Doug Brown, direktur penelitian dan pengembangan untuk Alzheimer's Society, mengatakan, mempelajari peran stres itu rumit.

"Sulit untuk memisahkan diri dari kondisi lain seperti kecemasan dan depresi, yang juga dianggap berkontribusi terhadap risiko demensia," kata Dr. Brown.

"Temuan tersebut menunjukkan lebih banyak yang harus dilakukan untuk mendukung orang-orang dari masyarakat kurang beruntung yang cenderung mengalami peristiwa kehidupan yang penuh tekanan," lanjutnya.

Demensia mempengaruhi orang berusia di atas 65 tahun. Kecenderungan demensia meningkat dengan tajam seiring bertambahnya usia.

Dilansir dari BBC, Selasa (18/7), sekitar 42.000 orang yang menderita Demensia bahkan berumur lebih muda dari 65 tahun.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar