Strategi Tenangkan Anak Autis Saat Akan Jalani Operasi

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Eka Azwin Lubis

Strategi Tenangkan Anak Autis Saat Akan Jalani Operasi

Ilustrasi (Fox News)

Jumat, 3 Juni 2016 | 08:36

Analisadaily - Ahli bedah secara historis kesulitan mengendalikan anak autis ketika hendak menjalani operasi.

Anak dengan autism spectrum disorders (ASD) cenderung memiliki masalah dengan interaksi sosial dan komunikasi, serta perilaku terbatas dan berulang-ulang.

Selain itu, banyak anak-anak autis tidak dapat berkomunikasi secara verbal sehingga menciptakan hambatan lain bagi dokter. Anak autis sangat sensitif terhadap perubahan rutinitas. Ini akan menjadi masalah ketika mereka tahu akan menjalani operasi.

Penelitian sebelumnya menunjukkan, ketika dokter bedah tidak mampu menenangkan anak autis, mereka akan membatalkan operasi.

Untuk mencari tahu apa yang seharusnya dokter lakukan jika keadaan seperti ini, tim peneliti mengumpulkan data antara tahun 1997 sampai 2016. Penelitian menyepakati beberapa aspek penting untuk mengelola perilaku anak autis.

Pertama, mereka mendorong dokter untuk berkomunikasi dengan pengasuh agar mendapatkan informasi tentang kebutuhan spesifik si anak. Dianjurkan pengasuh yang menyiapkan seluruh kebutuhan agar anak tidak merasa adanya perubahan rutinitas.

Dokter dapat membuat perubahan pada pengaturan bedah atau pra-bedah untuk mencocokkan kebutuhan spesifik pasien dan preferensi.

"Secara alami, pengaturan ini sulit untuk anak autis. Mereka sulit bereaksi terhadap lingkungan eksternal," kata Dr Arvind Venkat dari Jaringan Kesehatan Rumah Sakit Umum Allegheny di Pittsburgh, AS.

Kemudian, orang tua diminta selalu mendampingi anaknya. Sebab, orang tua dapat membantu dokter memahami kebutuhan anak mereka sebelum operasi. Mereka juga bisa membantu anak-anak untuk memahami proses yang lebih baik dengan bercerita.

"Orang tua dan pengasuh anak-anak autis dibutuhkan pra dan pasca proses operasi," tambah Venkat, dilansir dari FoxNews, Jumat (3/6).

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar